Rabu, 01 Agustus 2018

SUAP MEMBUAT BUTA

SUAP MEMBUAT BUTA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenjngkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 02/08/2018

Keluaran 23:8 (TB)  Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar.

Exodus 23:8 (RSV)  And you shall take no bribe, for a bribe blinds the officials, and subverts the cause of those who are in the right.

OTT atau Operasi TangÄ·ap Tangan merupakan salah satu istilah yang sering menjadi sorotan media saat ini di Indonesia. OTT ini gencar dilakukan oleh KPK terhadap para pajabat negara baik di pusat, propinsi, kota dan kabupaten sebagai langkah pemberantasan korupsi. Anehnya sekalipun OTT ini sudah sering kali dipublikasi di media namun para pelaku tidak jera-jera akan korup si penerimaan suap ini. Malah menjadi cerita yang berseri OTT yang satu ke OTT lainnya.

Suap telah menjadi masalah lama dalam sejarah kehidupan manusia. Oleh suap orang mempengaruhi siapa saja untuk mencapai kepentingan dan keuntungan sang pemberi suap. Biasanya suap diberi kepada orang yang memeiliki tanggung jawab, sehingga dalam melaksanakan keoutisan dan tanggung jawabnya dibelokkan kepada pemenuhan dan keungungan pemberi suap.  Suap menjadi  jalan pintas memperoleh penghasilan tanpa kerja. Suap adalah penikuang arah hidup seseorang dari kebenaran kepada kepentingan diri.

Dalam mencapai kepentingan diri inilah sangat banyak orang melakukan berbagai usaha dan upaya untuk mendapatkan kue ekonomi baik secara prosedural maupun non prosedural dengan mempengaruhi pemegang wewenang dengan modus memberi suap. "Suap adalah tindakan memberikan uang, baran86g atau bentuk lain dari pembalasan dari pemberi suap kepada penerima suapyang dilakukan untuk mengubah sikap penerima atas kepentingan/minat si pemberi, walaupun sikap tersebut berlawanan dengan penerima."
Dari defenisi ini benarlah apa yang disampaikan oleh Alkitab bahwa suap itu membuat orang buta; tidak dapat melihat kebenaran dan dapat memutarbalikkan perkara orang benar. Oleh suap orang yang salah dapat dibernarkan dan orang benar dapat disalahkan. Itulah dampak suap membuat orang buta.

Alkitab memberikan pengajaran bagi setiap orang, mengejar suap demi kaya adalah suatu kekeliruan, tapi Tuhanlah yang menentukan kaya. Amsal 10:22 (TB)  Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
Jadi jangan mengejar penhasilan dari jalan yang tidak benar karena tidak akan membawa kita kepada kebahagiaan. Justru membuat buta,bisu dan tuli. Buta, bisu dan tuli akan kebenaran dan keadilan.

Orang percaya harus berjuang melawan dosa suap karena suap membutakan. Ibarat seorang buta tidak dapat melihat jelas demikianlah penerima supa tidak dapat membedakan mana yang baik dan buruk, yang benar dan jahat. Kebijakan dan perbuatannya hanya untuk menetapkan keinginan pemeberi suap. Pemberi dan penerima suap sama-sama kejahatan di mata Tuhan. Penerima suap akan menjadi buta menjalani hidupnya;  berpikir tak akan jernih, berjalan di jalan yang samar-sama dan terus dikejar oleh banyang-banyang kesalahan. Menerima suap hanya tinggal menunggu waktu akan tersandung sebagaimana OTT ala KPK kita. Amsal 15:27 (TB)  Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup.

Sahabat yang baik hati! Sebagai anak-anak Tuhan harus benci suap.  Mari bekerja dengan tulus dan jauhi suap karwna suap akan membuatakan mata kita menempuh jalan hidup kita.  Menerima suap sama artinya membuat jerat atau ranjau yang menecelakai diri sendiri. Tuhan akan memelihara hidup orang benar.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...