Rabu, 22 Agustus 2018

TUHAN DI DWPAN DAN DI SEBELAH KANANKU

TUHAN DI DEPAN DAN DI SEBELAH KANANKU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 23/08/2018

Mazmur 16:8 (TB)  Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Psalms 16:9 (RSV)  I keep the LORD always before me; because he is at my right hand, I shall not be moved.

Penyertaan Tuhan dalam hidup orang percaya yang digambarkan dalam Mazmur 16:8 ini sangat unik, yaitu: Tuhan di depan dan pada saat yang sama Tuhan di sebelah kanan pemazmur. Coba perhatikan: "Aku memandang kepada Tuhan". Dalam teks bhs Inggris disebut "before me", berarti di hadapan atau di depan. Ini dekat dengan Teks Bahasa Batak: "tu jolongku". Berarti bagi pemazmur Tuhan itu berada di depan atau dihadapannya. Jika Tuhan i depan berarti itu bahwa Tuhan adalah tujuan perjalanan pemazmur. Ini juga bisa berarti bahwa Tuhan mendahului perjalannnya.  Ke hadapan Tuhan ini juga memiliki arti bahwa pemazmur melapor dan menyampaikan apa yang terjadi pada hidupnya semuanya disampaikan kepada Tuhan.

Tuhan di depan,  namun pada saat yang sama Pemazmur mengatakan bahwa Tuhan itu berdiri "di sebelah kananku." Berdiri di sebelah kanan berarti bersama-sama dengan yang utama, pelindung dan pemelihara yang di sebelah kirinya. Sudah menjadi protokol umum, jika dua pemimpin berdiri, maka pemimpin yang utama itu di sebelah kanan. Jika berdiri tiga orang berarti dia akan berada di tengah. Jika Mazmur ini menyebutkan Allah berdiri di sebelah kanan berarti Tuhan adalah yang utama dan pelindungnya. Keberadaan Tuhan di kanan sekaligus menyakinkan bahwa dia dalam posisinya aman dan terlindung.

Lebih dalam akan arti Tuhan di depan dan di sebelah kanan! Pengakuan dan kesaksian pemazmur ini sekaligus memberikan penjelasan yang luas akan makna penyertaan Tuhan dalam hidup orang percaya. Tuhan adalah tempat kita mengadu dan menyampaikan apa yang ada di dalam hati kita. Tuhan itu senantiasa bersedia dijumpai, Tuhan tidak pernah menutup diri atas setiap orang yang datang menyampaikan seruan meminta tolong.

Tuhan adalah tujuan perjalanan hidup kita dan mendahului apa yangbakan kita jalani. Tentunkita masih ingat ketika peristiwa kebangkita Yesus. Ketika murid menemukan kubur kosong malaikat menyampaikan: "Ia mendahului kamu ke Galilea" (Mat 28:7). 

Tuhan di sebelah kanan, berarti Tuhan pelindung dan Tuhan bersama-sama dengan orang percaya menjalani hidupnya. Sama seperti pengalaman murid-murid dalam perjalanan ke Emmaus. Mereka bercakap-cakap dengan Tuhan, sekalipun mereka tidak menyadari bahwa Tuhan bersama mereka dalam perjalanan mereka (Lukas 24:14-25).

Sahabat yang baik hati! Penyertaan Tuhan dalam hidup orang percaya memberikan perlindungan yang amang. Sekalipun ada tantangan, sekalipun ada badai dan topan yang menerpa kehidupan kita, kita tidak akan goyang tetapi tetap berdiri kokoh.

Sahabatku! Tuhan menyertai saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam : Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...