Minggu, 19 Agustus 2018

Berdoa dan Berusaha Untuk Kesejahteraan Kotamu

BERDOA DAN BERUSAHA UNTUK KESEJAHTERAAN KOTAMU

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin 20/8/2018

Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Jeremiah 29:7 (RSV)  But seek the welfare of the city where I have sent you into exile, and pray to the LORD on its behalf, for in its welfare you will find your welfare.

Orang percaya bertugas dan bertanggung jawab menjadi saluran berkat. Sebagai mana Abraham, olehnya banyak orang akan di berkati. Tugas ini rasanya tidak begitu sulit jika keadaan aman, makmur dan sejahtera. Setiap orang jika aman dan merdeka dalam suatu kita tentu menjadi berkat bagi kota tidak begitu silit karwna dapat memberikan sumbangan pemikiran, tenaga, waktu dan apa yang kita miliki. Namun bagaimana mengusahakan kesejabteraan kota tapi posisi mereka adalah orang buangan?  Inilah yang disampaikan oleh Yeremia. Memberikan sumbangsih dalam pembangunan satu bangsa bukan karwna kita memiliki keberuntungan namun dalam keadaan tertekan, didiskriminasi dan dipekerjakan sebagai orang buangan harus tetap menjadi berkat.

Yeremia telah memberitahukan sebelumnya bahwa bangsa Israel akan terbuang sesuai dengan nubuatan yang disampaikan kepada bangsa Israel. Nubuatan ini nyata, Babelonia menahlukkan Yehuda dan mengangkut mereka semua ke pembuangan Babel. Yeremia pun menyurati mereka dalam pembuangan. Dalam pembuangan mereka agar berpengharapan, berdoa dan turut berusaha mensejahterakan kota dimana mereka terbuang.

Usahakanlah kesejahteraan kotamu dimana Aku buang! Umumnya jika orang dibuang sifat negatif akan muncul, mengutuki, mengumpat dan bahkan dalam kemarahan yang membara. Sebagai contoh misalnya seorang pejabat baru dicopot dari jabatannya karena OTT yang marak akhir-akhit ini? Reaksi apa yang terjadi? Sulit menerima keadaan diperlakukan tidak adil bahkan menyalahkan pihak-pihak lain. Namun ada juga dicopot dari jabatan karena diduga tidak sealiran dalam politik dan berbagai faktor lainnya. Bersabarlah jabatan itu adalah amanah, jika selama menjabat telah melaksanakan tugas terbaiknya relakan dan berdoa untuk kemajuan instansi yang ditinggalkan. Jangan kutuki atau terlalu terpukul membuat sakit hati dan dendam. Sikap seperti itulah yang mau diubah oleh Yeremia, jangan mengutuki atau dengan sikap reaktif yang merusak ketika memasuki pembuangan. Namun sebagai warga dan bahagian dari masyarakat Yeremia menyerukan jalanilah dan ikutlah berperan memberikan sumbangan pemikiran, tenaga dan waktu untuk kemajuan dan kesejahteraan kota ketika mereka memasuki pembuangan Babel.

Sahabat yang baik hati! Apa yang disampaikan oleh Yeremia dalam renungan pagi ini sangat relevan dengan suasana bangsa kita yang baru saja merayakan HUT RI ke 73, banyak keluhan dan  banyak harapan dalam semua itu jadilah warga negara yang bertanggungjawab, ikut berkontribusi untuk kemajuan bangsa lewat berbagai talent, pekerjaan dan keahlian yang kita miliki.  Keluh pasti ada, kecewa,  kebebasan beragama masih jauh dari yang diharapkan, tingginya sentimen keagamaan dan perlakuan lainnya yang kadang kurang adil bagi umat Kristiani di Indonesia. Sebagai warga negara yang bertanggungjawab firman ini mengajak kita ikut berdoa dan ikut berperan mengusahakan kesejahteraan kota atau dimanapun kita berada karena itulah tugas panggilan seorang Kristen dalam berbangsa dan negara. Orang Kristen hidup bukan hanya menerima berkat atau berusaha untuk mengusahakan kebaikan bagi dirinya sendiri tetapi kita orang pilihanNya yang dipanggil menjadi alat Tuhan demi kesejahteraan kota dan masyarakat sekitar kita. Bangsa ini butuh doa, buruh dukungan orang-orang yang mau bekerja menurut panggilan dan passionnya masing-masing demi kesejahteraan kota.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam : Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...