Selasa, 21 Agustus 2018

SALING MENDAHULUI DALAM KASIH DAN HORMAT

SALING MENDAHULUI DALAM KASHI DAN HORMAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 21/08/2018

Roma 12:10 (TB)  Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Romans 12:10 (RSV)  love one another with brotherly affection; outdo one another in showing honor.

Salah satu ajaran etika hidup orang Kristen yang sangat terkenal adalah ajaran Yesus tentang "golden way. Hal itu kita temukan dalam Matius 7:12 (TB)  "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Setiap orang pasti ingin dihormati, namun apakah hal yang sama telah kita lakukan pada orang lain?
Setiap orang pasti ingin disegani dan dihargai keberadaannya, namun bagaimana sikap kita terhadap keberadaan orang lain?
Setiap orang pasti ingin disayang, namun apakah kita telah memberikan kasih sayang pada orang lain? Semua orang inginnya menuntut orang lain berbuat terbaik baginya, namun apakah kitabtelah melakukan yang terbaik juga buat orang lain? Mungkin saja kita sering mengabaikan atau cuek saja seperti kata orang EGP? Mencueki orang yang membuat kita kesal kadang ada kepuasan tersendiri dalam hati berkata rasain lho...! Inilah yang harus kita rubah dalam segala keadaan orang percaya harus hidup saling mendahului dalam kasih dan memberi hormat.

Perenungan yang mendalam dari Paulus di jemaat Roma menjadi pengajaran yang sangat berharga. Penghormatan dan kasih sayang yang diberikan orang lain tidaklah datang dengan sendirinya, tetapi berawal dari sikap dari sendiri. Kelompok Kristen non Yahudi merasa keberadaan mereka kurang dihargai apalagi mereka tidak sama dengan orang Kristen Yahudi yang ketat akan tradisi Yahudi. Sebaliknya juga kaum Kristen Yahudi merasa perlakuan non Yahudi menyepelekan hal-hal yang mendasar dalam hidup mereka. Paulus memberikan nasihat yang sangat mendasar agat mereka saling mengasihi dan saling mendahului dalam memberi hormat. Jangan hanya menuntut dihormati dan dihargai, namun tidak menghargai orang lain. Jangan menuntut diperhatikan dan disayangi, tetapi tak pernah memperhatikan dan mengasihi orang lain. Maka mereka harus memulai kehidupan baru dengan saling mendahului dalam kasih dan memberi hormat

Ajaran Golden way ini bukan berarti apa yang kita dapatkan adalah buah dari pekerjaan sendiri atau melakukan kebaikan agar mendapatkan buah yang baik. Sama sekali tidak. Golden way diajarkan bukanlah karena ingin mendapatkan reaksi dari aksi yang kita lakukan. Golden way adalah sikap yang tukus tentangbapa yang seharusnya dilakukan karena kita telah menerima kasih dan kebaikan Tuhan.

Sahabat yang baik hati! Cobalah kita renungan aktjfitas kita masing-masing, baik di lingkungan kerja, masyarakat bahkan di rumah kita masing-masing? Pasti ada pernah mengalami kesal dan sebal bahwa apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan yanh diharapkan, dicueki dan kurang dihargai padahal anda telah melakukan yang terbaik. Jangan kesal kebaikan yang anda lakukan bukanlah untuk menerima balasnya, tetapi sebagai orangnpercaya yang dipanggil untuk melakukan kebaikan. Tetaplah saling mendahulukan dalam perbuatan kasih dan memberi hormat. Sikap ini akan menempa kita tetap produktif menghasilkan buah-buah kebaikan terhadap sesama.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...