Rabu, 29 Agustus 2018

ETIKA HIDUP ORANG PERCAYA

ETIKA HIDUP ORANG PERCAYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari jni untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 30/08/2018

1 Petrus 2:17 (TB)  Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!

1 Peter 2:17 (RSV)  Honor all men. Love the brotherhood. Fear God. Honor the emperor.

Rasul Petrus menjelaskan arti gereja dalam 1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Dengan memiliki status baru ini tentu orang percaya dituntut memiliki gaya dan sikap hidupbaru pula. Meninggalkan manusia lama dengan amemulai etika hidup orang percaya. Hidup orang percaya harus sesuai dengan kehendak Allah. Istulah Petrus adalah "orang merdeka" pada saat yang sama menjadi "hamba Allah". Orang merdeka berarti bebas tuan atas diri sendiri tetapi hamba dihadapan Allah. Ini merupakan suatu hal yang dialektis; disatu sisi ditekankan sebagai orang merdeka; mengingatkan kita telah dimerdekakan Kristus dari segala dosa dan penindasan di dunia ini, maka tak ada hal apapun yang dapat membuat kita kembali pada kuk perhambaan. 1 Petrus 2:16 (TB)  Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.

Sebagai orang merdeka dannhamba di hafapan Allah: ada empat hal etika hidup orang percaya yang disampaikan pada rwnungan ini sebagai wujud orang merdeka tetapi menempatkan diri hidup hamba dihadapan Allah, yaitu:

1. Menghormati semua orang
2. Mengasihi saudara
3. Takut akan Tuhan dan
4. Hormati Raja

Menghormati semua orang! Hukum orang merdeka harus menghormati orang lain. Jangan gunakan kebebasan kita itu sebagai sandungan bagi orang lain. Tiap-tiap orang harus kita hormati sejajar (equal) dengan diri kita, tidak ada pembeda-bedaan baik oleh status sosial - ekonomi, suku, daerah dan latar belakangblainnya. Kita semua adalah umat ciotaan Allah yang diciptakan segambar dengan rupa Allah. Semua harus dihormati seturut dengan keberadaan masing-masing karena kita semua adalah milik kepunyaan Allah, yang diciptakan baru di dalam Yesus Kristus.

Mengasihi saudara! Apalah artinya kita katakan kita mengasihi Allah tetapi membenci saudara, jika demikian kita sama saja dlsebagai pendusta (Band 1 Yoh 4:20). Kita dimerdekakan dan kemerdekaan kita itu harus kita pergunakan untuk hidup di dalam kasih (Gal 5:13)

Takut akan Tuhan, konsep hamba Allah adalah takut dan taat kepada Allah. Takut akan Tuhan berarti totalitas hidupnya tunduk danntaat kepada kehendak Allah. Orang yang takut akan Tuhan adalah yang memelihara dan melakukan perintahNya (Band Mazmur 1:1-3).  Marthin Luther dalam menjelaskan Kesepuluh Perintah Tuhan, selalu menyebutkan: kita harus lebi takut, lebih kasih dan percaya kepada Allah. Maka di dalam takut akan Tuhan adalah bentuk ketaatan, kasih dan kesediaan diri melakukan perintah Allah dan takut kepada pelanggaran.

Hormatilah Raja! Disini sejalan dengan apa yang disampaiakan oleh rasul Paulus dalam Rom 13, tunduk kepada pemerintah yang berwibawa karena kuasa lmerintah adalah berasal dari Allah. Itulah sebabnya merkea memegang pedang untuk melindungi masyarakat dari kejahatan. Kita harus berdoa kepada pemerintah agar memiliki hikmat dan kekuatan mensejahterakan bangsanya dan melindungi masyarakat dari segala tindakan jahat.

Sahabat yang baik hati! Renungan hari ini mengingatkan kita bahwa kita telah ditetapkan Allah menjadi umat pilihan. Sebagai anak-anak Tuhan harus memiliki gaya dan sikap hidup yang Kristiani. Kiranya kita diberi kekuatan dalam hidup kita masing-masing memncarkan etika hidup orang percaya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...