Kamis, 16 Agustus 2018

TIAP LANGKAH DIATUR OLEH TUHAN

TIAP LANGKAH DIATUR TUHAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firmannTuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 17/08/2018

Amsal 20:24 (TB)  Langkah orang ditentukan oleh TUHAN, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya?

Proverbs 20:24 (RSV)  A man's steps are ordered by the LORD; how then can man understand his way?

Ada satu syair lagu dari Buku Nyanyian HKBP (BE Terj)  No 753:1 Tiap Langkahku
"Tiap langkahku diatur oleh Tuhan
Dan kasih sayangMu menuntunku
Kaulah ‘ku puja sepanjang hidupku
‘Ku tetap senang bersamaMu
Kar'na 'ku tau Kau Tuhan menuntunku
Ke tempat tinggi Kau menghantarku
Sampai 'ku tiba di akhir jalanku
Di Surga rumahMu, ya Allahku"

Lagu ini sangat indah dan merdu, menyanyikan kasih karunia Tuhan dimana kita telah merasakan bahwa apapun yang terjadi dalam hidup ini merupakan ketentuan Allah. Tidak ada yang terjadi dalam hidup ini tanpa pertimbangan dan keputusanNya.

Itu benar adanya, namun harus kita akui bahwa dalam banyak perjalanan hidup ini sungguh banyak ketidak pastian. Benar seperti apa kata Amsal:  "Manusia berencana namun Tuhan yang menentukan langkah."(Amsal 16:9). Dalam banyak hal ada kisah-kisah tragis, sial dan duka.  Banyak kisah yang terjadi seseorang sudah yakin dan optimis akan meraih apa yang cita-citakan, namun sangat sial apa yang diharapkan hilang seketika dari depan mata. Ada kisah tragis tinggal menunggu saat-saat bahagia ada yang sepasang muda hendak menikah namun gagal karena kematian yang tak diduga. Ada juga kisah pilu dimana orang yang tinggal menunggu hari-hari bahagia untuk wisuda merayakan selesai studi namun tak sempat wisuda sudah pergi menghadap bapak di sorga. Sungguh banyak kisah yang kita alami bahkan yang kita saksikan bahwa sungguh bahwa langkah hidup ini ditentukan oleh Tuhan. Jalan hidup ini ditentukan oleh Tuhan.  Ketika jalan bahagia di depan mata tetaplah berdoa agar Tuhan memberikannya pada kita. Ketika jauh apa yang kita harapkan jauh panggang dari api, jangan berputus asa jika Tuhan berkehendak segala sesuatu bisa saja terjadi.

Nats ini meyakinkan kita bahwa tiap langkah hidup kita diatur oleh Tuhan, jangan pernah berputus asa dalam keadaan tersulit sekalipun dan jangan pernah sombong atas keberhasilan dalam hidup. Tuhanlah yang mengatur setiap langkah kita. Jika kita baca memang keseluruhan pasal 20 berisi tentang rupa-rupa hikmat, semacam pesan dan petuah bagaimana setiap orang memaknai perjalanann hidupnya. Dalam renungan ini, kita diyakinkan bahwa Tuhanlah yang menentukan langkah setiap orang.

Jalan hidup ini ditentukan oleh Tuhan; baik suka maupun duka, dalam untung dan malang, dalam kesedihan da  lan kegembiraan. Tugas kita adalah menjalani hidup ini dalam penentuan Tuhan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok. Hanya Tuhan yang tahu.

Marilah kita lihat pelajaran dari Yusuf. Menurut saudara-saudaranya Yusuf sudah berakhir dengan dijualnya ke orang Midian. Cerita Yusuf di kalangan keluarganya telah ditutup dengan skenario sudah mati dimakan binatang buas. Tapi lihatlah justru itu menjadi langkah menuju Istana Mesir. Langkahnya memang tidak langsung mulus berliku difitnah dan dipenjara namun akhirnya menjadi perdana menteri di Mesir.

Jika diabaikan orang tak dihargai atau tak diperhitungkan jangan galau. Lihatlah Daud, ketika Samuel menjumpai Isai ayahnya siapakah dari anaknya yang akan diurapi menjadi raja?  Orangtuanya sendiri tak memperhitungkannya menjadi pemimpin besar di Israel. Tetapi Tuhanlah yang menentukan langkah setiap orang. Daud yang tidak diperhitungkan itulah yang diurapi menjadi raja.

Sahabat yang baik hati! Apa pelajaran yang berharga dari situ? Mari jalani hidup ini penuh ketekunan seturut dengan kehendak Allah. Tuhanlah yang menentukan setiap langkah kita masing-masing seturut dengan kehendakNya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam Merdeka dan HUT RI 73

#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...