Senin, 13 Agustus 2018

MENGAMALKAN KASIH PERSAUDARAAN

MENGAMALKAN KASIH PERSAUDARAAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 14/08/2018

1 Petrus 1:22 (TB)  Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

1 Peter 1:22 (RSV)  Having purified your souls by your obedience to the truth for a sincere love of the brethren, love one another earnestly from the heart.

Apa yang membuat orang yang bersaudara tidak akur? Jawab singkatnya dosa.  Semestinya  kasih seorang saudara tiada batas karena diikat oleh hubungan darah dan pengalaman bersama dalam bimbingan dan asuhan rumah tangga. Namun lihatlah Alkitab mencatat banyak kisah hubungan saudara yang terciderai. Lihatlah persaudaraan Kain dengan Habel. Kain membunuh Habel bukan karena kesalahan Habel namun karena kecemburuan. Demikian dengan hubungan Yusuf dan saudara-saudaranya dan kisah lainnya yang tidak akur karena kecemburuan terhadap Yusuf. Bahkan dalam banyak kasus dalam hubungan persaudaraan  ada kebencian yang mendalam hingga tidak bisa saling bertemu,  saling meniadakan, membunuh dan hingga perang saudara. Itulah keterbatasan kekuatan persaudaraan yang diikat oleh darah yang bisa saja berubah karena cemburu, kepentingan dan keegoan diri. Dan harus kita ingat darah yang mengalir dalam persaudaraan itu adalah 'darah adam' yang telah jatuh dalam dosa,  Dosa telah merusak hubungan manusia dengan sesamanya. Persaudaraan yang diikat oleh apapun itu telah disusupi oleh dosa yang sewaktu-waktu akan bisa saling menyalahkan ketika kepentingan berbeda atau ketika seseorang dipersalahkan.

Allah membentuk kita sebagai orang pilihan Allah penebusan dan pengudusan oleh darah Kristus.  Allah telah menguduskan kita melalui pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Oleh darah Kristus pelanggaran dan dosa kita telah disucikan. Yesaya 1:18 (TB). Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

Penebusan Kristus itu membuat kita hidup taat dalam kebenaran; orang pilihan Allah diciptakan menjadi manusia baru. Jika manusia lama (baca = Adam) gagal menuruti perintah Allah maka manusia baru di dlaam Kristus menjadi penurut perintah Allah yang taat pada kebenaran.

Puncak dari pemilihan Allah di dalam Kristus yaitu menjadikan kita agar hidup dalam kasih persaudaraan: orang pilihan Allah hidup dalam satu persekutuan keluarga Allah. Kita bersaudara di dalam Yesus Kristus. Tidak ada perbedaan yang membuat gap yang satu dengan yang lain tetapi semuanya hidup dalam satu persekutuan keluarga Allah.  Di dalam persekutuan orang percaya kita hidup sebagai saudara yang diikat oleh darah yaitu penebusan darah Yesus Kristus. Itulah sebabnya setiap keluarga Allah harus saling mengasihi. Sebagai keluarga Allah kita harus melakukan kehendak Allah. Markus 3:35 (TB)  Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Sahabat yang baik hati! Sebagai keluarga Allah  kita harus memelihara kasih persaudaraan. Madah yang sangat indah dari Mazmi 133 tentang baiknya dan indahnya semua orang yang ditetapkan Allah sebagai umat pilihannya diam bersama dan memelihara kaaih persaudaraan yangbdipenuhi dengan berkat, keharuman dan hidup berkelimpahan. Mazmur 133:1-3 (TB)  Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!
Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.
Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...