Minggu, 15 Juli 2018

MILIKI ETOS KERJA

MILIKI ETOS KERJA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah kita menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sebin 16/01/2018

Amsal 28:19 (TB)  Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.

Proverbs 28:19 (RSV)  He who tills his land will have plenty of bread, but he who follows worthless pursuits will have plenty of poverty.

Lama sekali orang beranggapan bahwa intelektual adalah kunci dalam keberhasilan sehingga orang berlomba pintar dan mempertajam intelektual ansih.  Namun pandangan ini tidak sepenuhnya benar, kita semakin menyadari bahwa kunci keberhasilan ada pada etos kerja pada diri seseorang. Dalam kenyataannya bisa saja ada orang memiliki  tingkat IQ excelence namun hidupnya tak bermoral, intelektualnya yang tinggi hanya dipakai untuk mengejar kekayaan, harta dan jabatan pada akhirnya intelektualnya tidak membangun kehidupan tètapi jatuh dalam berbagai penderitaan yang tak terperikan. Itulah sebabnya Alkitab mengajarkan bahwa intelektual harus disertai dengan takut akan Tuhan. Marilah kita mengerjakan pekerjaan bukan hanya mengandalkan intelektual tetapi disertai dengan etos kerja yang diberkati Tuhan.

Pada renungan pagi ini kita diingatkan untuk bekerja, biarlah setiap orang hidup dari penghasilannnya. Tuhan telah menyediakan berkatnya bagi kita, Tuhan telah menyediakan segala kebutuhan hidup kita lewat ciptaannnya, Tuhan memberikan amanat bagi kita untuk mengelola dan mengolah ciptaan Tuhan melalui kerja. Berkat tidak turun dari langit, tetapi kita peroleh dari Tuhan melalu kerja. Itulah sebabnya Firman Tuhan  berkata: 2 Tesalonika 3:10 (TB)  Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Jansen Sinamo merumuskan suatu pelajaran berharga tentang etos. Agar kita memiliki semngat kerja dan prinsip-prinsip yang baik dlaam bekerja kita harus menerapkan 8 etos Kerja Kristiani: KERJA Adalah Rahmat karena itu kita bekerja tulus penuh rasa syukur.  KERJA adalah amanah: bekerja benar penuh tanggung jawab. KERJA adalah panggilan: bekerja tuntas penuh integritas. KERJA adalah aktualisasi: bekerja keras penuh semangat. KERJA adalah ibadah: bekerja serius penuh kecintaa. KERJA adalah seni: bekerja cerdas penuh kreativitas. KERJA adalah kehormatan: bekerja tekun oenuh keunggulan dan KERJA adalah pelayanan: bekerja paripurna penuh kerendahan hati.

Renungan harian ini memgingatkan pula bahwa memiliki etos kerja bukan mau mengejar kekayaan dan barang yang sia-sia. Etos kerja adalah bekerja didasari atas penghayatan firman Tuhan dalam melakukan pekerjaan kita.  Alkitab selalu mengajarkan bahwa harta di dunia ini bukanlah tujuan, tetapi hanya merupakan alat yang menopang dan mendukung kita mencapai perjalanan akhir hidup kita yaitu hidup yang kekal.

Sahabat yang baik hati, marilah kita semakin meningkatkan etos kerja kita masing-masing, karena melalui kerja kita memperoleh berkat dari Tuhan. Kita bekerja bukan untuk makan tetapi kita bekerja karena kita hendak menerima berkat dari Tuhan. Kita bekerja bukan mengejar kekayaan dan harta, karena banyak orang demi mengejar harta dannkekayaan meninggalkan iman dan jatuh ada penderitaan yang tak terperikan.

Sahabatku! Biarlah Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...