Minggu, 29 Juli 2018

MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL


MENGUCAP SYUKUR DALAM SEGALA HAL

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin, 30/07/2018

1 Tesalonika 5:18 (TB)  Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.
1 Thessalonians 5:18 (RSV)  give thanks in all circumstances; for this is the will of God in Christ Jesus for you.

Ada satu tradisi warga Amerika yaitu "Thanksgiving Day" yaitu setiap kamis keempat di bulan Nopember. Perayaan ini dirayakan sebagai bentuk ucapan syukur atas kasih karunia Tuhan. Awalnya thanksgiving day adalah ucapan syukur atas hasil panen yang mereka terima dan seluruh rakyat berkumpul bersama keluarga menikmati hidangan terbaik.   Di toko-toko sebenarnya ada dijual kartu thanksgiving day, namun mereka tidak suka membelinya, mereka lebih suka membeli makanan baik hasil pertanian, apalagi kalkun yang lezat dan produk makanan lainnya yang dapat dinikmati bersama anggota keluarga. Thanksgiving day merupakan hari libur nasional mengingatkan seluruh warga Amerika bersyukur menikmati berkat dari Tuhan dengan berkumpul bersama keluarga. Itulah cara warga Amerika mengingatkan untuk bersyukur kepada Tuhan.

Umumnya orang nersyukur dan berterima kasih ketika memperoleh sesuatu. Dengan rwnungan hari ini bersyukur bukan hanya sekali setahun atau hanya syukur dalam bentuk persembahan yang kita berikan setiap hari minggunya, tetapi kita harus bersyukur kepada Tuhan setiap saat dan dalam setiap keadaan. Karena setiap saat kita masih merasakan berkat dan kasih karunia Tuhan. Kita bisa menghirup udara hingga saat ini itu adalah karunia Tuhan yang harus kita syukuri.

Saya sering menyampaikan dalam kotbah jika ada orang yang merasakan hidupnya gersang, sulit bersyukur seolah Tuhan tidak pedulikan hidupnya. Dianjurkan pergilah ke rumah sakit, bukan untuk berobat namun pergi melihat keadaan orang yang sakit. Dengan melihat orang yang bersusah payah mengahadapi sakit penyakit dan bergulat dengan sakit. Pasti akan menginspirasi dan mengubah cara pandang kita akan kehidupan ini. Hidup sehat saja sudah mewajibkan kita bersyukur. Kita bersyukur, hidup sehat sudah meruoakan karunia yang sangat besar yang mewajibkan kita bersyukur.

Mengapa orang susah bersyukur? Periksalah karena mereka tidak pernah menghitung berkat yang Tuhan berikan bagi dari hal-hal kecil dan sederhana. Berkat Tuhan yang disyukuri seolah hanya ketika mendapat berkat; sembuh dari sakit,  kenaikan jabatan, dapat prestasi dan dapat proyek serta hidup  berkelimpahan. Kedua,  Kesulitan orang bersyukur adalah ketika orang membanding-bandingkan apa yang diterima dengan orang lain, seolah apa yang ada padanya gak ada nilainya. Apa yang diberikan Tuhan padanya seolah tidak berharga karena dibandingkan dengan hal-hal yang besar pada orang lain.

Mengucap syukur dalam segala hal! Disini kita bersyukur tidak dengan membandingkan ketika situasi baik atau buruk, ketika mendapat banyak atau sedikit, ketika mendapat pekerjaan kering dan basah atau job empuk atau biasa. Semuanya harus kita jalani dengan penuh syukur karena itulah yang dikehendaki oleh Tuhan. Siapa tahu Tuhan menguji kita ketika hal kecil kita tidak syukur padahal dengan jalan itu Tuhan menguji hati kita. Sebagaimana pesan Yesus. Lukas 16:10 (TB)  "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Sahabat yang baik hati! Marilah kita mengucap syukur dalam segala hal, jalani hidup ini setiap saat dengan perpedoman dan tergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Pada saat itulah kita menikmati kehendak Tuhan dalam hidup ini. Orang yang tidak mampu bersyukur dalam segala keadaan baginya akan terhalang menikmati rencana Tuhan yang indah dalam hidupnya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...