Selasa, 24 Juli 2018

MENGUASAI DIRI DALAM SEGALA HAL

MENGUASAI DIRI DALAM SEGALA HAL

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 25/07/2018

Titus 2:6 (TB)  Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal

Titus 2:6 (RSV)  Likewise urge the younger men to control themselves.

Surat Titus ini disebut dengan surat pastoral. Pastoral artinya penggembalaan, nasihat rohani dari Firman Tuhan yang bermanfaat sebagai pedoman hidup seseorang menjalani kehidupan.  Pada surat ini Paulus memberikan nasihat kepada seluruh unsur keluarga: orang tua, perempuan, kaum muda dan hamba. Semuanya diberi nasihat akann tugas dan tanggung jawab seorang Kristen dalam menjalani kehidupan ini. Mari kita baca selengkapnya:

Titus 2:1-5 (TB)  "Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat:
Laki-laki yang tua hendaklah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih dan dalam ketekunan.
Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik
dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar firman Allah jangan dihujat orang."

Dengan nasehat orang Kristen memiliki sikap yang baik di tengah-tengah persekutuan, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Khusus renungan pagi ini ditujukan kepada kaum muda. Kaum muda harus menguasai diri dalam segala hal agat tidak jatuh pada rupa-rupa kesombongan (hubris).  Sebagaimana kita tahu, kaum muda memiliki energi yang antusias, semangat yang meledak-ledak dan tidak jarang mengabaikan norma demi mencapai kesenangannya sendiri. Generasi muda cenderung tak ingin dikungkung oleh aturan dan norma, ingin bebas dan menikmati masa mudanya sebagaimana dinasehatkan pengkotbah. Pengkhotbah 11:9 (TB)  Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan!

Sikapi ini wajar karena antusiasme yang ada pada diri kaum muda. Pengalaman belum mereka alami, yang ada hanya idealisme dan harapan yang besar. Dalam hal inilah Paulus mengingatkan agar kaum muda harus memiliki penguasaan diri dalam segala hal. Sehingga mereka tidak jatuh pada hal-hal yang membawa mereka kepada kesusahan yang menjauhkan mereka dari Tuhan. Demikian juga nasihat Paulus kepada Timotius: 2 Timotius 4:5 (TB)  Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Sahabat yang baik hati! Menguasai diri dalam segala hal bukan hanya untuk kamu muda, namun berlaku juga atas kita semua tanpa membedakan usia dan status. Dalam segala keberhasilan yang digapai tetaplah menguasai diri agar tidak jatuh kepada kesombongan dan lupa diri. Dalam berbagai keadaan sulit dan diperlakukan tidak fair dalam hidup tetaplah menguasai diri agar tidak jatuh dalam dosa yang membabi buta menyalahkan orang lain. Jangan sampai ada orang menuntut keadilan namun dengan cara tang tidak adil. Kita prihatin:  melihat ada sekelompok masyarakat menuntut keadilan atas penyelenggaraan pilkada yang fair dan adil namun sikap hidup mereka tidak fair dan adil mereka merusak fasilitas umum.

Kuasailah dirimu dalam segala hal! Dengan menguasai diri dalam segala hal kita mengetahui apa yang dapat kita lakukan, kapan kita berpasrah dalam keadaan yang tak memungkinkan dan memberi ruang dalam hati kita untuk menerima kehendak Allah dalam hidup kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...