Selasa, 10 Juli 2018

AKAR SEGALA KEJAHATAN

AKAR SEGALA KEJAHATAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah mengguakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kwkuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 11/07/2018

1 Timotius 6:10 (TB)  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

1 Timothy 6:10 (RSV)  For the love of money is the root of all evils; it is through this craving that some have wandered away from the faith and pierced their hearts with many pangs.

"American Gangster" satu film bagus yang dilucurkan tahun 2008 oleh sutradara terkenal Ridley Scott. Film ini mengangkat kisah seorang warga Amerika kulit hitam pertama sebagai raja narkoba tahun 1970an. Film ini diperankan dengan apik oleh Danzel Wasington memerankan Frank Lucas, Gangster Amerika kulit hitam pada tahun 70an. Sebagaimana kita tahu warga kulit hitam jaman itu sangat miskin dan akes terbatas karena isu rasial yang sangat kental. Frank Lucas melawan realitas ini, dia hendak meninggalkan kemiskinan dengan jalan pintas yaitu menjadi raja peredaran Narkoba. Usahanya sangat berhasil merajai narkoba dan mendadak kaya raya; dia pun mengajak orang tuanya dan seluruh sanak saudaranya meninggalkan apartemen kumuh dan tinggal di rumah mewah. Ketika orang-tuanya tahu semua apa yang dilakukan oleh Frank Lucas, orangtuanya menamparnya dan meninggalkan rumah mewah kembali ke rumah kumuh. Satu persatu keluarga mundur. Suasana berubah tegang dan penuh ketidaknyamanan. Rumah mewah, fasilitas mewah namun suasana keluarga Lucas berubah menjadi murung, isterinya juga serba tak tahu akan apa yang terjadi dalam hidup suaminya; dulu penuh kehangatan namun berubah dingin dan penuh tanya. Frank Lucas menjadi incaran polisi namun selalu licin dan lolos dari pengejaran aparat. Terakhir dia tak dapat mengelak ketika penguburan ayahnya, Frank Lucas ditangkap kepolisian.

Kisah diatas adalah salah satu contoh yang sangat menarik direfleksikan, meninggalkan kemiskinan dan ingin cepat kaya dengan jalan  gembong narkoba. Berhasil mengumpulkan uang, ya berhasil namun apakah bahagia? Sama sekali tidak! Justru Lucas kehilangan kebahagiaan, kehilangan keluarga satu per satu. Ini mengajarkan letak kebahagiaan bukan pada banyaknya uang yang diperoleh namun bagaimana kita memperoleh dan menggunakan uang dalam hidup.

Pada renungan pagi ini, Paulus mengingatkan bahwa akar dari segala kejahatan ialah cinta uang. "Cinta Uang", ini berarti kejahatan bukan pada uangnya namun pada sikap pribadi terhadap uang. Ketika seseorang sudah cinta uang maka apapun dilakukannya untuk memperolehnya. Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa kekayaan bersumber dari Tuhan, kita memperolehnya melalui pekerjaan kita. Uang itu netral, manusia yang menginginkan uang dan menggunakan uang itulah letak masalah yang sesungguhnya. Jika uang kita pergunakan untuk membahagiakan dan membangun kemanusiaan maka baiklah manusia yang menggunakan uang. Sebaliknya jika oleh karena hendak memiliki uang melakukan berbagai perbuatan yang tidak bermoral maka uang telah menjadi akar kejahatan dalam diri seseorang.

Sahabat yang baik hati! Benar apa yang dikatakan oleh Mahadma Gandi bahwa ada tujuh dosa besar umat manusia yaitu: kaya tanpa bekerja, kenikmatan tanpa suara hati, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa etika, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, agama tanpa pengorbanan dan  politik tanpa prinsip. Kaya tanpa kerja peringatan yang sangat keras. Disini dosa yang dimaksud bukan pada uang dan kekayaan, tetapi motivasi dan cara manusia manusia memperoleh kekayaan. Ketika hatinya telah melekat pada hartanya maka harta telah menjadi tuan atas dirinya. Kita harus menjadi tuan atas diri kita  Milikilah pribadi dan karakter yang menguasai diri atas uang, baiklah kita semua berprinsip seperti kata Amsal: biarlah aku menikmati yang menjadi bagianku.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...