Selasa, 13 Oktober 2020

TUHAN MAHA DALAM SEGALA HAL

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Rabu, 14 Okt 2020


TUHAN MAHA DALAM SEGALA HAL


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marikah menggubakan waktu sejenak di oagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Mazmur 97:9 (TB)  Sebab Engkaulah, ya TUHAN, Yang Mahatinggi di atas seluruh bumi, Engkau sangat dimuliakan di atas segala allah. 


Psalms 97:9 (RWV)  For thou, LORD, art high above all the earth: thou art exalted far above all gods.


Bahasa terbatas menjelaskan suatu makna! Bahasa bisa mereduksi atau mengurangi suatu makna. Bahasa membantu manusia menjelaskan suatu arti dengan keterbatasan makna. Coba misalnya bahasa Ingris "rice" tidak dapat menjelaskan bahasa Batak: eme, boras, indahan, purik, monis, dodak dll. Demikian bahasa Indonesia, hanya dapat menjelaskan padi, beras dan nasi. Padahal masih banyak uraian-uraian turunannya yang belum dapat secara deteil menjelaskan partikel-partikel kecil dari beras atau padi. 


Alkitab adalah bahasa yang dipakai untuk mengartikan, menggambarkan dan menjelaskan keberadaan dan perbuatan Tuhan bagi manusia. Alkitab adalah penyataan Allah yang dikomunikasikan lewat bahasa manusia. Dari segala konsep tentang Tuhan tentu tidak dapat menjelaskan satu kata untuk menerangkan keberadaan Tuhan dan segala karyanya. Itulah sebabnya kata-kata yang dipilih biasanya bermakna paling agung sebagai  sebutan untuk Tuhan. Tuhan yang Maha Agung, Maha Esa, Maha Mulia, Maha Tinggi dll. Semuanya menjelaskan kedalaman arti tentang Tuhan. Tuhan itu Maha dalam segala hal.


Dalam renungan hari ini, pemazmur memakai kata Maha Tinggi. Bumi ini memiliki kedalaman dan ketinggian diukur dari titik ukur permukaan laut. Jika ada puncak yang paling tinggi keberadaan sesuatu maka adalah Tuhan lebih tinggi dari itu. Maha tinggi dapat juga diartikan sebagai status, maka Tuhan adalah status paling tinggi. Dialah raja diatas segala raja dan tuan diatas segala Tuhan. Penjelasan inilah yang dipakai pemazmur untuk menjelaakan Tuhan dan alasan untuk memuji dan memuliakan Dia.Mazmur 95:3 (TB)  Sebab TUHAN adalah Allah yang besar, dan Raja yang besar mengatasi segala allah. 


Maha Tinggi menjelaskan keberadaan dan status paling tinggi sekaligus meyakinkan setiap orang yang percaya untuk percaya hanya kepada Tuhan. Jika di dunia ini ada orang yang kita anggap dapat mewujudkan harapan dan impian kita, maka lebih dari itulah Tuhan yang Maha Tinggi bagi dapat memberikan apa saja bahkan melebihi dari apa yang kita pikirkan.


Sahabat yang baik hati! Marilah kita semakin merendahkan diri dihadapan Tuhan sembari menganggkat dan memuliakan Tuhan yang Maha Tinggi dalam hidup kita. Dialah Allah kita, raja diatas segala raja, tuhan di atas segala Tuhan. Mengakui Tuhan yang maha tinggi menyadarkan kita untuk merendahkan diri dihadapanNya, takut dan semakin sujud di hadapan Tuhan. Renungan ini mengajak kita menjadi orang-orang yang memuliakan Tuhan.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengab melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...