Rabu, 28 Oktober 2020

MENELADANI KASIH ALLAH

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Kamis, 29 Oktober 2020


MENELADANI KASIH ALLAH DALAM HIDUP ANTAR SESAMA


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


2 Korint 8: 9

Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinanNya.


2 Corinthians 8:9 (NIV)

For you know the grace of our Lord Jesus Christ, that though he was rich, yet for your sake he became poor, so that you through his poverty might become rich.


Sahabat yang baik hati, pernahkah kita menyadari betapa besar kasih Allah bagi kita? Sebagai wujud kasihNya, Allah bahkan rela mengorbankan diriNya dengan menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus, disalibkan dan mati demi menyelamatkan kita dari dosa. Yesus rela menderita agar kita beroleh sukacita. Itulah bukti kasihNya.


Menurut Paulus, bukti kasih Allah inilah yang harus diteladani oleh orang Kristen yang percaya padaNya. Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Paulus mencoba mengingatkan dan menggugah hati jemaat Kristen agar dapat menunjukkan responsnya terhadap kasih Allah itu melalui perbuatan kasihnya kepada sesama. Dalam hal ini, Paulus secara khusus ingin agar jemaat Korintus mau tergerak hatinya membantu jemaat Kristen di Yerusalem yang saat itu sedang dalam kesusahan hidup. 


Paulus juga mencontohkan apa yang telah dilakukan oleh jemaat Makedonia, yang bahkan dalam segala kekurangan dan keterbatasan hidup mereka, tetap tergerak hatinya untuk memberi bantuan kepada jemaat di Yerusalem yang sedang berkekurangan. Padahal menurut Paulus, awalnya jemaat Makedonia justru tergerak memberikan bantuan karena meneladani sikap jemaat Korintus yang telah bersedia untuk membantu jemaat Yerusalem, namun kenyataannya, bantuan itu tidak mereka realisasikan.


Hal inilah yang membuat Paulus kembali mencoba menyadarkan jemaat Korintus, bahwa memberi bantuan kepada sesama itu justru adalah bagian dari wujud kasih kepada Allah yang telah terlebih dahulu mengasihi mereka. Paulus ingin agar jemaat Korintus menyadari betapa besarnya pengorbanan Allah untuk manusia, Ia bahkan rela menjadi miskin agar umatNya menjadi kaya. Artinya, kasih Allah bukanlah kasih yang hanya dibibir saja, kasihNya diwujudnyatakan dalam aksi nyata bahkan dengan rela mengorbankan dirinya untuk kebahagiaan umat manusia. Jika Allah telah sebegitu besarnya mengasihi umatNya, maka selayaknyalah umat manusia meneladaninya dengan hidup saling  mengasihi satu dengan yang lain. 


Sahabat yang baik, ungkapan kasih hanya akan menjadi kata yang indah didengar dan tidak berarti, jika itu hanya sekadar ucapan belaka. Kasih hanya akan dirasakan jika ia diwujudnyatakan melalui aksi/perbuatan nyata. Untuk itu, tentu dibutuhkan kerelaan hati dan pengorbanan agar perbuatan kasih itu benar-benar dapat dirasakan.


Sahabat yang baik, tidak jarang kita berlaku seperti jemaat Korintus yang hanya mampu mengasihi orang lain di mulut saja, tanpa mewujudkannya dalam aksi nyata. Bahkan berbagai alasan seringkali kita lontarkan sebagai pembelaan atas absennya kita berbuat kasih pada orang lain. Contohnya, ketidakmampuan ekonomi, kesulitan hidup dan perasaan bahwa kita belum layak membantu karena kita pun masih butuh bantuan. Padahal, sebenarnya keterbatasan hidup tidak dapat mematikan kasih yang ada di dalam diri kita. Seperti Yesus yang berkorban menjadi miskin agar kita menjadi kaya, demikianlah kita juga harus mau berkorban dengan senantiasa mau berbagi kasih kepada sesama walau dari keterbatasan kita. Sebab kasih yang sesungguhnya ialah ketika kamu mampu memberi dari keterbatasanmu.


Sahabat yang baik hati, percayalah orang tidak pernah jatuh miskin hanya karena berbuat kasih (memberi bantuan) kepada orang lain. Orang tidak pernah menjadi sengsara karena  menolong sesamanya. Sebab Allah senantiasa memelihara hidupnya.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Tim Page Pdt Nekson M Simanjuntak - MHS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...