Minggu, 25 Oktober 2020

SEPERTI TAMAN YANG DIAIRI

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivas

Senin, 26 Oktober 2020


SEPERTI TAMAN YANG DIAIRI


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan. 


Yesaya 58:11 (TB)  TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan. 


Isaiah 58:11 (RWV)  And the LORD shall guide thee continually, and satisfy thy soul in drought, and make fat thy bones: and thou shalt be like a watered garden, and like a spring of water, whose waters fail not. 


Taman identik dengan keindahan. Di taman biasanya tumbuh berjenis-jenis tanaman, ditata sedemikian rupa termasuk kembang berwarna-warni diatur  agar memikat setiap mata orang yang melihatnya. Taman kurang sempurna jika tidak ada sungai dan telaganya.  Sungai akan mengalirkan air yang memberikan pertumbuhan tanaman. Taman yang indah akan memikat mata setiap orang yang melihatnya. Bahkan berlomba membuat taman untuk menjadi destinasi wisata. Tak heran juga para pebisnis yang bergerak di bidang properti akan membuat taman sedemikian rupa agar menjadi oemikat bagi pembeli properti. 


Wajar saja kita manusia mencintai taman karwna memang setelah Tuhan menciptakan manusia, Tuhan menempatkan manusia di Taman Eden, Tuhan juga menilumbuhkan segala jenis pohon yang berbuah untuk dapat mereka makan dan di dalam Taman Eden ada empat sungai, yaitu: Tigris, Pison, Gihon dan Efrat. Eden taman sempurna buatan Tuhan namun sayang karena manusia melanggar perintah, mereka harus dikeluarkan dari taman itu. Syukurlah kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah menebus kita dari dosa dan pelanggaran sehingga kita dirangkul kembali dalam kasih karunia Tuhan. 


Renungan hari ini adalah konteks pemulihan umat Allah setelah pembuangan. Mereka yang dahulu telah terbuang di Babelonia selamat 70 tahun, Allah telah memulihkan mereka dengan kembalinya ke Yerusalem. Allah telah memakai Raja Koresh untuk memulangkan umat Allah dari pembuangan Babel kembali ke Yerusalem. Pemulihan mereka tersebut disebutkan oleh Yesaya, seperti orang yang hidup dalam tanah kering dan tandus kini telah diangkat oleh Tuhan di taman yang dialiri oleh air. Allah sendiri yang memberbaharui hidup mereka, jika dulu mereka tak berdaya dalam pengasingan kini kini akan kembali dalam rangkulan kasih Tuhan.


Sahabat yang baik hati! Tanaman butuh air, tanpa air akan kering dan tandus. Demikianlah bangsa Israel yang dulu mungkin merasa terasing dan jauh dari sumber air kehidupan, Tuhan memulihkan keadaan mereka seperti taman yang diairi. Taman yang diairi akan akan menumbuh tanaman dan bunga berwarna warni. Setiap orang akan melihatNya. Demikianlah Israel akan kembali ditata oleh Tuhan.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...