Kamis, 22 Oktober 2020

BERIMAN DAN BERPENGHARAPAN YANG TEGUH PADA YESUS

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Jumat, 23 Oktober 2020


BERIMAN DAN BERPENGHARAPAN YANG TEGUH PADA YESUS


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Ibrani 3:6

Tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumah-Nya; dan rumah-Nya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan.


Hebrews 3:6 (KJV)

But Christ as a son over his own house; whose house are we, if we hold fast the confidence and the rejoicing of the hope firm unto the end.


Surat Ibrani ini ditujukan secara khusus kepada jemaat Kristen diaspora, yaitu orang-orang nomaden. Mereka dipanggil supaya ikut serta menikmati keselamatan yang diberikan Allah lewat penderitaan Tuhan Yesus. Mereka akan menjadi jemaat yang hidup sebagai umat Kristen, sekalipun berada Diaspora atau “parserahan”, tetapi ikut serta menerima keselamatan dari Kristus Yesus, jika mereka sungguh-sungguh menerima Kristus sebagai Juru Selamat Penebus.  Di dalam Jemaat diaspora cenderung berada dalam konteks plural secara agama, suku bangsa, tingkat ekonomi dan lain sebagainya. Sebagai jemaat diaspora, Tentulah perdebatan tentang perbandingan ajaran, Puasa, Hukum Taurat (Patik), mengunggulkan tokoh, kerap terjadi. Jika kita baca satu perikop dalam nas harian hari ini, tentulah bukan mau merendahkan kepemimpinan para Nabi sebelumnya, yang salah satunya disebut yaitu Musa. Tapi jika kita diperhadapkan pada situasi pertanyaan apakah Yesus lebih unggul dari para Nabi? Apakah Yesus hanya sekedar manusia biasa atau Nabi? Ya, Yesus lebih unggul dari segalanya karena Yesua adalah Tuhan yang datang menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia. 


Sekalipun Yesus melebihi dari Musa, namun penukis Ibrani menjelaskan ada kesamaan Musa dan Yesus. Selain tokoh pembebasan: Musa pembebas Israel dari perbudakan Mesir dan Yesus adalah pembebasan manusia dari perbudakan dosa. Musa dan Yesus adalah melakukan mujizat dan kisah kelahiran yang mirip, misalnya tentang pembunuhan bayi oleh raja setelah diisukan akan ada Juru selamat/Pembebas. Kita juga membaca dalam Injil Matius 17:1-12, (bnd. Markus 9: 2-13 Luk. 9: 28-36), ada istilah Teologi yaitu “Transfigurasi” Kristus yaitu di mana Yesus dimuliakan di gunung, serta bertemu dengan Musa dan Elia di atas gunung itu. Muka-Nya bercahaya dan penuh dengan kemuliaan. Hal ini merupakan puncak penampakan spiritualitas dari Yesus. Dalam Cerita alkitab itu tokoh Musa dan Elia adalah juga dalam rangka menggambarkan Figur Yesus (Mesias) sehingga Yesus lebih besar dari pada Nabi-nabi sebelumnya.


Sahabat yang baik hati, nas harian ini menekankan supaya iman kita tidak ragu mempercayai Yesus Kristus Sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Yesus telah menjadi kepala dari rumah-Nya, dan rumahNya adalah kita. Yesus menebus kita dengan harga yang mahal, “Ia belajar dari apa yang Ia derita”. “Ia belajar menjadi taat kepada Allah”.  Yesus menjadi Juru Selamat dan Imam besar yang sempurna karena penderitaan dan kematianNya dijalani tanpa dosa. Ia terlebih dahulu menderita dan mati sebagai manusia. Ketaatan dan kematianNya membuat Yesus berhak menjadi wakil yang sempurna dari umat manusia yang berdosa sehingga dapat menanggung hukuman dosa atas nama seluruh umat manusia. Oleh karena itu, sahabat yang baik hati, sebagai orang yang sudah ditebus, mari memegang teguh iman percaya dan pengharapan kita pada Yesus Kristus di situasi maraknya penyangkalan tentang Ke-Tuhanan Yesus di masa ini. Akan semakin banyak tantangan yang akan kita hadapi tentang iman percaya kita kepada Yesus. Ingatlah Firman Tuhan yang sering kita dengar pada waktu Pelayanan Sidi (Malua). Wahyu 2:10c, Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup kita. Amin


Salam: Tim Page Pdt  Nekson M Simanjuntak - FS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...