Minggu, 04 Oktober 2020

FIRMAN TUHAN SUMBER KEBAHAGIAAN

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 05 Oktober 2020


FIRMAN TUHAN SUMBER KETENANGAN YANG MEMBERI KEBAHAGIAAN


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Mazmur 119: 52

Aku ingat kepada hukum-hukum-Mu yang dari dahulu kala, ya Tuhan, maka terhiburlah aku.


Psalm 119: 52 (NIV)

I remember Lord, your ancient laws, and I find comfort in them


Mazmur 119 adalah Mazmur terpanjang yang berisi tentang ungkapan seorang pemazmur yang merasakan bagaimana Taurat Tuhan  (yang dipasal ini juga diartikan sebagai Pengajaran Tuhan/Firman Tuhan/Ketetapan Tuhan/Hukum Tuhan) sangat berpengaruh besar dalam kehidupannya. Pengalaman pemazmur yang senantiasa membaca, dan merenungkan taurat Tuhan dirasakannya sangat memiliki manfaat positif bagi hidupnya secara personal. 


Manfaat mencintai Firman Tuhan bagi pemazmur yaitu: bahwa Firman Tuhan mengajarkannya untuk senantiasa hidup dekat dengan Tuhan, berjalan di jalan yang benar dan menjauhi kejahatan. Pemazmur menyaksikan bahwa dengan pengajaran itu ia dibentuk menjadi pribadi yang baik, yang bijaksana, yang tidak bercela di hadapan Tuhan. Dengan menghidupi Firman Tuhan, ia juga merasakan ketenangan dalam hidup, ia tidak akan pernah mendapat malu karena Tuhan akan selalu menyertainya dan tidak akan meninggalkannya sendirian. 


Salah satu manfaat dari mencintai Firman Tuhan menurut pemazmur dalam ayat renungan hari ini yaitu Firman Tuhan dapat memberikan penghiburan yang menenangkan jiwa. Dikala pemazmur merasakan kesengsaraan hidup karena masalah/persoalan yang ia hadapi dalam hidupnya, ketika para musuhnya berusaha menjatuhkannya, mencemooh dan berlaku tidak baik kepadanya, pemazmur sadar bahwa Firman Tuhanlah yang menenangkan jiwanya, yang menguatkan dan meyakinkannya untuk terus berjalan melanjutkan hidup bersama Tuhan. Pemazmur percaya penuh pada Firman Tuhan tentang janji keselamatan yang Tuhan beri bagi orang-orang yang hidup di dalam FirmanNya. 


Sahabat yang baik, seperti pemazmur, kita juga pasti pernah melewati berbagai persoalan dalam hidup yang membuat kita sengsara dan menderita karenanya. Apalagi dalam masa-masa sulit saat ini, banyak dari antara kita yang terdampak akibat pandemi covid-19, ada yang kehilangan orang-orang yang dicintainya (meninggal karena corona), dikucilkan masyarakat karena terkena corona, bangkrut usahanya, kehilangan pekerjaaan (di PHK atau dirumahkan), mengalami kekerasan (KDRT), dll yang membuat jiwa kita tidak tenang, kita stress bahkan depresi. Bahkan sangking beratnya persoalan hidup yang dihadapi, tidak sedikit orang yang menyerah pada keadaan dan memilih jalan pintas dengan menghabisi nyawanya sendiri (bunuh diri) agar dia terbebas dari persoalan hidupnya.


Hari ini kita diingatkan, bahwa Firman Tuhanlah sumber ketenangan yang mendatangkan kebahagiaan bagi kita. 

Janji penyertaan dan keselamatan  yang dinyatakan dalam FirmanNya dapat menjadi obat penenang saat sengsara dan penderitaan menerpa kita. Jika kita mencintai, menghayati dan percaya pada FirmanNya, maka kita akan dihiburkanNya, kita tidak akan pernah mendapat malu karena janjiNya nyata bagi orang-orang yang percaya padaNya. 


Sahabat yang baik hati, selama kita hidup masalah akan selalu ada, suka dan duka pasti datang silih berganti, kita tidak bisa menghindar dari semua itu. Namun dengan berpegang pada Firman Tuhan, percayalah, kita akan dikuatkan dan dimampukan melewati setiap masa dalam hidup ini bersama dengan Tuhan. Tuhan tidak pernah ingkar janji untuk setia menyertai umatNya yang percaya kepadaNya. Sebab itu jangan takut, sebab mujizat Tuhan nyata bagi orang yang percaya. Kita tenang dan bahagia dalam lindungan Tuhan. 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...