Kamis, 30 April 2020

TAKKAN KEKURANGAN AKU

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan, Jumat 1 Mei 2020

TAKKAN KEKURANGAN AKU

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Mazmur 23:1 (TB)  Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Psalms 23:1 (RWV)  A Psalm of David. The LORD is my shepherd; I shall not want.

Siapa yang tidak kekurangan di dunia ini? Orang sekaya apapun pasti ada banyak kebutuhan ini dan itu. Inilah kelebihan orang percaya dalam segala apa yang ada di dalam hidup ini mamlu bersaksi: tak kan kekurangan aku. Kucinya ada pa sang Gembala. Jika hidup ini kita serahkan dalam gembalaan Tuhan, maka sang gembala akan menuntun kita kepada yang Tuhan kehendaki.

Mazmur 23 adalah salah satu Mazmur yang sangat indah dari 150 pasal kitab Mazmur. Isi syairnya mengalir seperti sungai yang menyejukkan jiwa, tenang dan jernih. Isi pesannya sangat dalam dan mudah dipahami karena langi ibarat air sejuk bagi orang yang sedang haus. Mazmur 23 ini memiliki arti yang mendalam dan menenangkan jiwa setiap orang, karena di dalamNya ada Tuhan sang Gembala yang memelihara hidup kita. Kayanya isi dari Mazmur 23 itu telah banyak lagu yang telah tercipta diinspirasi dari Mazmur 23 ini. Coba kota perhatikan sekali lagi: Mazmur 23:1-4 (TB)  Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Mazmur ini menggambarkan keindahan hidup di dalam pemeliharaan Tuhan. Kata yang dipakai menjelaskan tugas yang kongkrit dalam benak setiap orang.  Seorang gembala  bertugas membimbing gembalaan ke padang rumput hijau, menuntun ke air yang tenang, dipelihara dari serangan serigala, dijagai dari segala kemungkinan buruk, yang tersesat dicari dan yang terluka dibalut. Semua gembalaan dipastikan untuk masuk kandang tuannya dan menjadi satu kawanan. Lebih dari itulah kehadiran Allah sebagai gembala bagi umatnya. Tuhan itu baik, penuntun dan pemberi kehidupan bagi kita, diberi apa yang kita butuhkan, dijagai ketika ada masalah dan pergumulan. Gadai dan tongkatNya adalah kekuatan Allah untuk melindungi kita umat gembalaanNya. Hidup dalam gembalaan Tuhan, hidup bahagia dan tak akan kekurangan.

Apakah yang dimaksudkan "takkan kekurangan aku!" Kalimat ini sering dipahami bahwa hidup orang percaya tanpa beban dan masalah, tanpa penderitaan dan pergumulan, segala sesuatu tersedia seolah tak ada kesusahan. Hal ini harus diluruskan, hidup orang percaya bukanlah tanpa beban dan tanpa kekurangan. Kadang kita harus menjerit, menangis dan berjuang keras, namun dalam segala pergumulan kita itu Tuhan tidak membiarkan kita jatuh,  Tuhan memberi kekuatan dan pertolongan bagi kita. Pertolongan tepat pada waktunya. Di saat kita habis pikir, Tuhan beri jalan. Takkan kekuarangan aku, itu berarti dalam keadaan sulit apapun Tuhan memelihara, melindungi dan memberikan jalan bagi hidup kita. Takkan kekurangan aku! Adalah ajakan bagi setiap orang agar optimis dan penuh pengharapan dalam hidup ini.  Tuhan senantiasa memperhatikan dan hendak menuntun dan menolong kita pada setiap saat.

Sahabat yang baik hati! Di masa pandemi covid ini kita diteguhkan firman ini. Dalam segala kecemasan dan kekuatiran bergembiralah karena Tuhan berkenan menjadi gembala bagi kita. Marilah ikut dalam kegembiraan pemazmur: menyanyikan Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. KebaikannTuhan akan senantiasa menyertai hidup kita. Jangan berikan ruang berputus asa, sehebat apapun pergumulan yang kita dhadapi, hingga berjalan di lembah kekelaman. Tuhan menuntun kita dan menyeberangkan kita mepada kehidupan yang bahagia dan penuh sukacita.

Sahabatku! Tuhan kiranya memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan kepada saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...