Senin, 27 April 2020

MENYELESAIKAN PEKERJAAN BAPA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Selasa, 28 April 2020

MENYELESAIKAN PEKERJAAN BAPA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Yohanes 5:36 (TB)  Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

John 5:36 (RWV)  But I have greater witness than that of John: for the works which the Father hath given me to finish, the same works that I do, bear witness concerning me, that the Father hath sent me.

Jika Yohanes Pembaptis hadir menyuarakan pertobatan agar setiap orang mempersiapkan hati menerima Mesias Anak Allah. Maka selanjutNya adalah umat Allah akan menyaksikan sendiri bagaimana Yesus memenuhi janji Allah melalui pelayananNya: mengajar, berkotbah dan melakukan berbagai mujizat bahkan menghidupkan orang mati. Sesunguhnya itu semua tanda bahwa Yesus adalah Mesias anak Allah.

Dalam perikop sebelum renungan ini Yesus menyembuhkan seorang yang lumpuh tiga puluh delapan di kolam Betesda pada hari Sabat. Ada tradisi saat kolam betesda bergoncang yang diyakini malaikat turun di kolam itu, maka siapa yang pertama masuk ke kolam dia akan sembuh. Namun yang lumpuh itu sudah menunggu begitu lama. Yesus datang dan menawarkan: maukah engkau sembuh? Yesus pun menyembuhkannya hanya dengan berkata: berjalanlah, angkatlah tilammu! Maka dia sembuh.
Orang heran dan bertanya siapa yang menyembuhkanNya. Dia besaksi Yesuslah yang menyembuhkanNya.

Di Bait Allah orang yang sudah sembuh itu berjumpa dengan Yesus dan Yesus pun berkata:
Yohanes 5:14 (TB)  Kemudian Yesus bertemu dengan dia dalam Bait Allah lalu berkata kepadanya: "Engkau telah sembuh; jangan berbuat dosa lagi, supaya padamu jangan terjadi yang lebih buruk."

Kata ini membuat orang protes, siapakah gerangan orang ini? Selain menyembuhkan di hari Sabath, seseorang yang sembuh biasanya melaporkan diri keimam. Agak aneh memang, bukankah seharusnya bersyukur jika ada dari umat yang selama ini sakit memperoleh kesembuhan, justru terbalik mereka merencanakan yang jahat dan hendak membunuh Yesus. Yohanes 5:18 (TB)  Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.

Disini ada catatan penting dari Injil Yohanes menempatkan kesaksian Yesus mengenai diriNya (Yoh 5:19-47) diperhadapkan dengan penolakan dan rencana Farisi dan Ahli Taurat tang hendak menganiaya dan membunuh Yesus. Mereka hendak menghukum Yesus menurut mahkamah agama karena telah menyamakan diriNya dengan Allah.

Dan sesungguhNya Yesus tidak terpisahkan dari Allah Bapa. Jika orang Yahudi percaya kepada kesaksian Yohanes pembaptis, sesungguhNya mereka akan menerima Yesus Kristua. Karena kesaksian Yohanes Pembaptis itu benar dan itulah yang dipenuhi oleh Yesus melalui pelayananNya. Yesuslah Anak Allah yang mengerjakan pekerjaan Allah di dunia ini sampai selesai sebagaimana pernyataan Yesus yang dikutip oleh Injil Yohanes: "sudah selesai" (Yohanes 19:30). Bukan hanya itu Yesus akan menghakimi dunia ini.

Apa yang dikerjakan Yesus di dunia ini adalah atas kehendak Allah. Yohanes 5:37
Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat,

Sahabat yang baik hati! Mari.kita syukuri pekerjaan Yesus di dunia ini yang telah selesai dengan sempurna melalui kematian dan kebangkitanNya. Ini adalah jaminan pasti bagi kita yang percaya kepada Yssus dalam penghakiman kelak.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...