Minggu, 12 April 2020

KEBANGKITAN YESUS KRISTUS DAN TUGAS PEMBERITAAN INJIL

Kotbah Paskah II, Perayaan Hari Kebangkitan Tuhan Yesus

Sahabat yang baik hati!

Kami mengajak kita semua untuk mengikuti Ibadah Paskah II, Senin 13 April 2020 di Rumah kita masing-masing. Ibadah dapat kita ikuti pada channel YouTube HKBP Depok 1.

Click link berikut dibuka pada pukul 09.00 Wib

>> https://youtu.be/gIGCAvdgeB8

KEBANGKITAN KRISTUS DAN TUGAS PEMBERITAAN INJIL

Evangelium: 1 Korint 15:20-28 Epistel: 1 Petrus 1:3-12

Selamat Pagi Sahabat yang baik hati! Di beberapa gereja, hari ini masih melakukan ibadah Paskah II. Kenapa Paskah dirayakan sampai dua kali, ini mau menunjukkan bahwa peristiwa paskah adalah peristiwa besar dalam kalender gerejawi. Setidaknya ada beberapa perayaan yang dirayakan dua hari berturut-turut, yakni Natal, Paskah dan Pencurahan Roh Kudus atau Pentankosta.

Namun gereja-gereja di perkotaan mengadakan Ibadah Paskah II pada malam hari agar jemaat dapat bekerja dan beraktifitas.

Firman Tuhan dalam Paskah II ini hendak mendalami akan arti kebangkitan Kristus dalam hidup orang percaya. Menurut Paulus kebangkitan Kristus merupakan pusat pemberitaan Injil dan pusat iman Kristen. Paulus berkata: “andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka siasialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga imanmu.” (1 Kor 15:14).

Bagaimanakah orang percaya mengimani kebangkitan Kristus? Kebangkitan Kristus  menjadi pusat iman, tanpa iman sia-sialah pemberitaan rasul dan kosong pula iman kita.  Paulus menjelaskan dengan lengkap pada pasal 15 ini yang dapat kita sarikan pada tiga hal, yakni:

01. Kebangkitan Kristus adalah pembuktian kebenaran (vindication of the truth). Kebangkitan Kristus telah membuktikan kebenaran Firman yang disampaikan oleh para nabi dan yang disampaikan oleh Yesus Kristus bahwa Anak manusia akan mati dan bangkit pada hari yang ketiga seperti tanda pada Yunus. Pembuktian kebenaran ini sekaligus meruntuhkan segala issu dan kebohongan yang disampaikan oleh Farisi dan ahli Taurat bahwa Yesus tidak bangkit tapi mayatnya dicuri oleh murid-muridNya. Kristus benar-benar bangkit, kubur telah kosong dan menampakkan diri kepada murid, kepada orang banyak. Semua itu bukti kebenaran firman.

02. Kebangkitan Kristus adalah menahlukkan kematian (defeat of death)! Upah dosa adalah maut (Rom 6:23), maka setiap orang berdosa akan menerima konsekwensinya. Melalui kejatuhan Adam, manusia telah mewarisi dosa dan tidak ada manusia yang dapat melepaskan diri dari dosa tetapi semua diperhamba oleh dosa. Upah dosa adalah maut. Kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus membebaskan manusia dari perhambaan dosa. Pembebasan itu dilakukan oleh Allah melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Itulah sebabnya Paulus berkata: “maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut dimanakah kemenanganmu? Hai maut, dimanakah sengatmu?” (1 Kor 15:54a-55). Kebangkitan Kristus telah melepaskan manusia dari rantai kuasa kematian kepada kebangkitan dan hidup yang kekal. Kristus telah memerdekakan kita dari perhambaan, karena itu berdirilah tegus dan jangan mau lagi diperhamba dosa (Band. Gal 5:1).


03. Kebangkitan Kristus melanjutkan missi (ongoing ministry). Berita tentang Yesus Kristus tidak berakhir pada peristiwa salib, tetap kebangkitan hingga naik kesorga. Jika Injil berakhir pada peristiwa salib, mungkin murid-murid akan terdiam dan membisu meratapi kematian. Namun pusat pemberitaan injil adalah kebangkitan, itu berarti murid-murid tidak akan berhenti tetapi melanjutkan missi Kristus. Kebangkitan Kristus menjadi api semangat baru dalam pemberitaan Injil. Itulah sebabnya murid-murid yang datang ke kubur Yesus saat kebangkitanNya disuruh untuk kembali ke Galilea, karena Kristus telah mendahului mereka ke Galiliea. Galilea adalah tempat mereka dipanggil menjadi murid-muridNya. Maka setelah kebangkitan Yesus hendak mengingatkan mereka akan missi Allah yang diterima melalui pengutusan.

Sahabat yang baik hati! Apakah tugas kita merayakan Paskah di masa pandemik ini? Telah banyak kita dengar kotbah dan renungan baik live streaming, YouTube, vidieo, kotbah teks yang kita terima baiklah itu jangan berlalu begitu saja.

Pertama, baiklah kita maknai kebangkitan Kristus hendaknya membangkitkan semangat bagi kita pribadi lepas pribadi. Pergumulan yang kita hadapi akan kita lampauhi bersama kebangkitan Kristus.

Kedua, kebangkitan Kristus membuktikan kita telah berada pada iman yang benar. Tidak ada yang perlu diragukan tentang kebenaran Alkitab. Karena ini marilah kita berdiri teguh di dalam iman kepada Kristus.

Ketiga, Yesus mengutus orang percaya menjadi saksiNya di Yudea, Galilea, Samaria sampai ke ujung bumi. Menjadi saksi Kristus bukan harus membawa Alkitab atau membacakan Alkitab pada setiap orang, tetapi menerjemahkan nilai-nilai Alkitab itu kepada orang-orang di sekitar kita.

Tuhan memberkati dan melindungi kita semua.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...