Rabu, 22 April 2020

JANGAN MALU MENYAKSIKAN YESUS KRISTUS

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Kamis, 23 April 2020

JANGAN MALU MENYAKSIKAN KRISTUS

Sahabat yanga baik hati! Firman Tuhan hari ini tertulis pada:

2 Timotius 1:8 (TB)  Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

2 Timothy 1:8 (RWV)  Be not thou therefore ashamed of the testimony of our Lord, nor of me his prisoner: but be thou partaker of the afflictions of the gospel according to the power of God;

Hubungan Paulus dengan Timotius bukan hanya sebatas guru terhadap murid atau senior terhadap junior dalam.pelayanan tetapi sebagai orangtua terhadap anak. Sebagai orangtua, Paulus memberikan nasihat dan bimbingan agar Timotius dapat melakukan pelayanan dengan baik.

Dalam 2 Timotius, Paulus pertama kali mendorong dan memotivasi Timoteus agar memiliki keberanian untuk menyaksikan Kristus. Jngan takut atau ragu apalagi berkecil hati dengan mengatakan: "aku ini masih muda". Tuhan dapat memakai siapa saja untuk menjadi saksi Kristus.

Salah satu nasihat Paulus adalah menggali potensi dan kekuatan yang ada ada diri Timoteus sendiri. Kekuatan inilah yang diberdayakan sehingga mampu meningkatkan pelayanannya.

Apakah kekuatan Timotius mengobarkan pelayanan yang diterimanya dan melakukan perubahan di tengah-tenga gereja dan masyarakat? Paulus menegaskan bahwa orang percaya telah menerima Roh Kudus. Peran Roh Kudus dalam diri orang percaya adalah menyingkirkan roh ketakutan. Roh ketakutan adalah dampak dari kejatuhan manusia dalam dosa. Manusia berdosa takut kepada Allah, karena malu dan menyadarinya telah menyimpang dan melanggar perintah Allah. Jika kita baca Alkitab kita temukan dalam kisah penciptaan. Ketika Allah memanggil Adam, jawabnya: Kejadian 3:10 (TB)  Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."

Kristus telah menebuskan dari dosa, ketakutan dan kematian. Kristus tekah mati dan bangkit untuk menebus kita dari kematian kepada kehidupan, dari kematian kepada keberanian. Oleh sebab itu, Paulus mengajak Timotius agar jangan malu untuk menyaksikan Yesus Kristus dalam hidupnya.

Pertama: jangan takut, tetapi berani dann
kuatkan hati melakukan perubahan. Orang percaya harus memiliki simap transformatif. Itulah panggilan orang percaya, menggarami dan menerangi duniaini agar disinari oleh kasih karunia Allah.

Kedua: setiap tindakan orang percaya harus didasari oleh kasih. Hal ini penting, memperbaiki bukan dengan cara kasar atau dengan tujuan melampiaskan dendam dan sakit di hati yang akut, tetapi seluruh tindakan kita yang memperbaharui harus dilandasi kasih. Kasih harus didahulukan dalam melakukan segala tindakan kita.

Ketiga: lakukan dengan tertib, jangan anarkhis. Haruslah kita ingat bahwa melakukan tujuan baik dengan cara yang tidak baik tidak akan membangun kebaikan. Memang ada pikiran yang radikal untuk melakukan sesuatu harus radikal, namun Alkitab mengajarkan kita memperbaiki dan melakukan transformasi dengan tertib.

Keselamatan di dalam Yesus Kristus menguatkan Timotius  dan orang percaya agar jangan takut karena roh ketakutan telah disingkirkan oleh Roh Kudus. Di dalam Yesus Krostus kita telah menerima Roh kekuatan, kasih dan ketertiban.

Dengan nasihat ini Paulus mengajak Timotius untuk terus mengasah kemampuannya dengan berbagai ajaran-ajaran yang sehat dan menyaksikan Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! Apa yang kita gali dari kotbah minggu ini, mendorong kita mengobarkan kasih karunia yang ada pada kita. Jangan malu menyaksikan Yesus Kristus. Orang percaya memiliki tugas dan tanggung jawab melalui jabatan, pekerjaan dan bidang usaha yang digeluti. Itu semua adalah kasih karunia Tuhan. Mari abdikan dan persembahkan semua itu untuk kemuliaan bagi Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati sudara dengab melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...