Minggu, 19 April 2020

TUHAN ITU HAKIM DAN RAJA

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Selasa, 22 April 2020

TUHAN: HAKIM DAN RAJA

Yesaya 33:22 (TB)  Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.

Isaiah 33:22 (RWV)  For the LORD is our judge, the LORD is our lawgiver, the LORD is our king; he will save us. 

Akhir-akhir ini ada viral vidio maraknya tindakan kejahatan berupa perampokan dan pencurian di jalan, di rumah dan di toko yang terekaman CCTV. Dalam rekaman tersebut terlihat pelaku seolah seenaknya melakukan operasinya yang tak berperi kemanusiaan.  Tapi tidak disadari bahwa perbuatannya terekam.  Kita bersyukur bahwa CCTV telah membantu manusia untuk melakukan pengawasan dan itu enjadi bukti yang kuat untuk menangkap pelaku kekerasan dan kejahatan. Kita percaya hukum.akan memproses mereka.

Pertanyaan mendasar kita adalah? Mengapa ada orang yang tidak takut melakukan kejahatan? Tentu ada banyak alasan, ada orang melakukan kejahatan karena kebutuhan, orang melakukan kejahatan karena dianggap tidak ada orang yang mengetahui perbutannya, ada yang memang sudah hati nuraninya dan tidak peduli pada siapapun atau tidak takut pada hukuman yang kelak menimpanya.
Apapun alasan seseorang melakukan kejahatan, inilah yangdiingatkan oleh renungannhari ini bahwa harus kita sadari Tuhan adalah hakim atas perliaku dan perbuatan kita.  Jika hukum manusia dapat meluputkan hukuman seseorang dari perbuatan jahatnya, ingatlah Tuhan itu hakim dan raja.

Tuhan itu hakim.
Hakim adalah orang yang menetapkan hukuman terhadap terdakwa. Setelah melihat bukti-bukti dan mempertimbangkan segala alasan hakim menetapkan hukuman yang akan diterima pelaku sebagai ganjaran perbuatannya. Tuhan sebagai hakim atas perilaku dan perbuatan manusia. Tuhan mengetahui secara deteil akan apa yang dilakukan setiap orang. Tuhan itu maha tahu, Tuhan memiliki rekam jejak melebihi record yang ada di CCTV. Karena itu tidak ada seorang pun yang dapat mengelak dari hukuman Tuhan.

Tuhan sebagai hakim, mengingatkan  bahwa hisuo kita ini diawasi oleh Tuhan dan semua orang akan mempertanggung jawabkan apa yang dilakukan selama hidupnya di hadapan Tuhan. Pengadilan Tuhan akan datang pada setiap orang.

Tuhan itu Raja, mengingatkan bahwa tidak ada yang lebih berotoritas pada hidup manusia. Raja berdaulat atas wilayah kekuasaannya, maka lebih dari itulah Tuhan sebagai raja memerintah atas hidup manusia. Tuhan adalah raja atas alam semesta, Tuhan raja atas segala bangsa, Tuhan raja atas umatNya dan Tuhan itu Raja atas kehidupan pribadi kita masing-masing. Seluruh hidup kita sepenuhnya dalam kekuasaan Tuhan.

Sahabat yang baik hati! Tuhan hakim dan raja, dua istilah yang meneguhkan kita agar  takut akan Tuhan. Tidak ada gunanya membela diri dihadapan Tuhan, karena Tuhan mengetahui apa yang telah terjadi dan yan yang akan terjadi ke depan. Mari semakin menyadari bahwa Tuhan dalah hakim yang adil dalam hidup ini. Cepat atau lampat penghukumanNya akan datang. Tuhan itu raja yang berkuasa atas hidup kita, biarlah Tuhan berkuasa atas hidup kita.

Sahabatku,  Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan salam hidup kita. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...