Minggu, 19 April 2020

BERKAT YAKUB

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Senin, 20 April 2020

BERKAT YAKUB

Kejadian 32:26 (TB)  Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."

Genesis 32:26 (RWV)  And he said, Let me go, for the day breaketh. And he said, I will not let thee go, except thou bless me.

Yakub artinya penipu. Nama itu melekat pada Yakub yang menipu abangnya Esau, menipu ayahnya menerima berkat hak kesulungan dan menipu mertuanya Laban untuk memiliki domba yang berbelang. Dengan segala strategy Yakub tergolong sukses mencapai apa yang diimpikannya. Yakup seorang pekerja keras, dan tergolong sabar untuk meraih apa yang diimpikan. Dia tertarik dengan Rahel, namun harus bersabar sampai tujuh tahun untuk mendapatkannya dan setia bekerja pada Laban selamat tujuh tahun sebagai konsekwensi mendapatkan Rahel. Yakub tergolong berhasil, dia memiliki anak-anak dari Lea dan Rahel. Selain keturunan Yusuf juga memperoleh ternak dan banyak hamba.

Sukses di negeri asing, tak membuat Yakub tenang dan puas.  Yakub ingin kembali ke Kanaan tanah leluhur, tanah perjanjian yang menjadi warisannya. Maka Yakub pun permisi kepada Laban untuk kembali ke Kanaan. Namun ada masalah? Bagaimana sikap Esai? Apakah Esau akan murka padanya? Maka Yakub pun menyusun strategi dia membuat barisan tahap demi tahap, dari hamba-hambanya, anak-anaknya isterinya Lea, Rahel dan terakhir dirinya sendiri. Tepat di penyebernagan sungai Yabok. Setelah semua menyeberang  tinggal Yakub maka malaikat  Tuhan bergulat hebat seharian dengan Yakub, seolah tak mengijinkan Yakub menyeberang memasuki Kanaan.

Pergulatan ini hebat, sejak malam sampai fajar menyingsing Malaikat itu tak melepaskan Yakub dan sebaliknya Yakub tak melepaskan malaikat itu sebelum memberkatinya. Inilah pergulatan Yakub di sungai Yabok. Malaikat itupun menampar paha Yakub dan pangkal paha Yakub terpelecok dan agak pincang. Namun sebelum malaikat itu melepaskan Yakub, telah memberkatinya dan mengubah nama Yakub (penipu) tetapi menjadi Israel. Kejadian 32:27-28 (TB)  Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."
Kedua belas anak-anak Yakub inilah yang menjadi kedua belas suku-suku Israel.

Pergulatan Yakob di sungai Yabok, adalah tanda pertobatan. Tuhan tidak membiarkan penipu. Tanah Kanaan adalah tanah yang Kudus karena itu sebelum memasuki Kanan Yakub sudah berubah dari Yakub menjadi Israel.

"Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."
Dari permintaan Yakub ini, ada kekuatiran Yakub, dia tidak mau melepaskan malaikat itu sebelum memberkati dia. Dia mau memangku nama Israel dan memohon berkat agar diberkati memasuki tanah Kanaan dan melanjutkan kehidupanNya.

Sahabat yang baik hati! Apa yang terjadi pada Yakub adalah benar-benar menjadi pelajaran berharga bagi kita. Jangan berpikir bahwa Tuhan membiarkan Yakub dengan segala caranya. Ingat Tuhan tak membiarkan Yakub masuk sebelum berubah. Simbol peruahan itu ditandai dengan nama Israel dan Yakub diberksti dengan anak-anak yang tangguh. Salah satu anaknya bernama Yusif bukan hanya terkenal namun menjadi penyelamat bagi Mesir prencana yang baik mengelola kemakmuran selama tujuh tahun untuk mengatasi krisis tujuh tahun.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala apa yang baik dalam hidupmu. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...