Selasa, 14 April 2020

MEMBERITAKAN KEBANGKITAN YESUS KRISTUS

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Rabus, 14 April 2020


MEMBERITAKAN KEBANGKITAN KRISTUS

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 15/04/2020

Kisah Para Rasul 13:32-33 (TB)  Dan kami kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini. 

ekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita,
telah digenapi Allah

Acts 13:32-33 (RWV)  And we declare to you the glad tidings, that the promise which was made to the fathers,
God hath fulfilled the same to us their children, in that he hath raised up Jesus again; as it is also written in the second psalm, Thou art my Son, this day have I begotten thee.

Renungan hari ini merupakan penjelasan Paulus untuk meyakinkan orang Yahudi yang berada di Anthiokia - Pisidia agar mereka percaya kepada Yesus Kristus sebagai pemenuhan janji Allah. Yesus Kristus adalah Anak Allah yang dibangkitkan Allah dari kematian untuk menyelamatkan manusia.

Inilah kelebihan Paulus dalam setiap kesempatan dan keadaan, Paulus tetap memberitakan kebangkitan Yesus Kristus. Pertemuannya di Sinagoge dengan orang Yahudi dan tokoh-tokoh daerah itu menjadi kesempatan untuk memberitakan Injil.  Setiap Sabath orang Yahudi biasanya beribadah, membaca kitab Taurat dan nabi-nabi. Usai pembacaan mereka berdiskusi tentang hal-hal yang membangun dan saling meneguhkan persekutuan.

Dalam diskusi tersebut Paulus menyakinkan dan meneguhkan jemaat dalam iman. Paulus menegaskan Allah menggenapi janji keselamatan di dalam Yesus Kristus. Yesus yang bangkit itu adalah kebenaran. Kebangkitan Yesus adalah pemenuhan janji Allah kepada leluhur Israel.

Allah telah berjanji pada leluhur Abraham, Ishak dan Yakub, Allah membebaskan mereka kari perbudakan Mesir dan menjadi bangsa yang besar mendiami tanah Perjanjian. Allah tidak berkenan kepada Saul, Tuhan memilih dan mengurapi Daud menjadi raja. Saat Daud ditahbiskan mejadi raja Mazmur 2:6-7 (TB)  "Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!"
Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

Hal ini dijelaskan oleh Paulus agar tidak ada lagi keraguan di kalangan Yahudi untuk percaya kepada Yesus Kristus. Yesus Kristus adalah Anak Allah, yang situs ke dunia ini, Dia telah mengajar, berkotbah dan melakukan berbagai tanda dan mujizat ditengah-tengah bangsa Israel. Yesus mati dan disalibkan tetapi bangkit pada hari ketiga untuk menggenapi janji Allah. Kematian Kristus telah menyempurnakan janjinkeselamatan Allah yang membebaskan manusia dari dosa dan maut.

Sahabat yang baik hati! Apa yang dilakukan Paulus menjadi contoh yang baik bagi kita. Dalam perjumpaan dengan orang lain, Paulus meneguhkan iman orang lain agar percaya kepada ayesus Kristus Anak Allah. Dialah Yuruselamat kita. Memberitakan Injil tidak harus di mimbar, tetapi dalam setiap perjumpaan dengan orang lain. Demikianlah hendaknya kita, baiklah perjumpaan kita dengan orang lain menjadi kesaksian bagi ornag lain. Hidup kita yang menghasilkan buah-buah yang baik adalah kesaksian bagi orang lain. Masih ingat. Kotbah Paskah? Yesus menugaskan dan mengutus murid-muridNya untuk memberitakan Yesus Kristus.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan. Amin! 

Salam Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...