Sabtu, 31 Maret 2018

SAKSI KEBANGKITAN YESUS KRISTUS

SAKSI KEBANGKITAN YESUS KRISTUS
Kisah Para Rasul 10:39-43

Selamat Paskah! Happy Easter! HALELUYA, Kristus telah bangkit. Sahabat yang baik hati, kebangkitan Kristus adalah pusat iman kekristenan yang sangat menentukan. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Paulus dalam 1 Korintus 15:14 (TB)  Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.

Secara logis banyak orang sulit menerima kebangkitan Kristus, karena kebangkitan orang mati adalah suatu peristiwa yang tidak masuk akal. Namun apapun argumentasi logis yang dibangun untuk membantah kebangkitan Kristus tidak dapat menyangkal dua bukti historis tentang kebangkitan Kristus yaitu: kubur kosong dan penampakkan diri Yesus setelah kebangkitan kepada murid dan banyak orang sebagaimana dituliskan dalam keempat Injil

Berkaitan dengan kebangkitan ada beberapa pelajaran berharga dari kotbah minggu ini dari Kisah Para Rasul 10:39-43. Perikop ini  bahagian penjelasan Rasul Petrus kepada Kornelius yang meminta Petrus menjelaskan tentang Yesus Kristus; di dalamnya Petrus menjelaskan kebangkitan Yesus Kristus.

1. Kebangkitan Kristus; mendalami makna kubur kosong.
Cerita seseorang akan berakhir dalam kematian, setelah itu baru dikubur. Yang tinggal adalah batu nissan. Anehnya telah sekian bayak orang mati namun pintu kubur terus kekuarangan dan tak pernah berkata cukup. Orang yang sehat sekalipun segera ditelannya dan tidak membedakan tua dan muda, yang sakit akut dan sakit tiba-tiba semua ditelannya. Kubur adalah tragedi manusia  yang menakutkan. Siapapun orangnya kematian dan kuburan adalah misteri yang menakutkan. Sejarah hidup manusia akan berakhir di kubur yang menakutkan.

Jika kubur adalah tragedi manusia yang menakutkan maka kesaksian iman Kristen menyatakan kubur telah kosong. Yesus tidak ada dalam kubur orang mati, Dia telah bangkit dan telah membuat kubur kosong. Kubur kosong hendak membuktikan bahwa apa yang paling  takuti oleh manusia benar-benar kosong. Sejarah manusia berakhir dalam kekospngan. Kubur kosong adalah gambaran realitas kosong dari hidup manusia. Allah hendak memenuhi ruang kosong itu dengan memenuhi kasih karunia Allah. Allah memasuki sejarah dan memenuhi sejarah manusia dengan segala perbuatan dan karya Allah.  Inilah yang membedakan murid-murid melihat Yesus yang tersalibkan:  ketakutan, ratap dan kesedihan. Di dalam kebangkitan Kristus membuktikan semangat baru bagi murid-murid memberitakan kasih karunia Allah.

Berkaitan dengan Kebangkitan Kristus menarik juga akan apa yang dikemukanan teolog A.M Hunter. Setidaknya ada tiga makna kebangkitan Kristus:
a). Pembuktian kebenaran (vindication of the Truth): apa yang disampaikan oleh Yesus semasa hidupnya adalah sungguh-sungguh merupakan kebenaran baik tentang penderitaan dan tentang kebangkitanNya. Kebangkitan Kristus adalah pembuktian kebenaran. Sekalipun kamu Yahudi dan Romawi menutupi kebenaran akan kehadiran Yesus sebagai Anak Allah, kebangkitanNga membuktikan semua kebenaran tentang Yesus Kristus.
b) The Defeat of Death: mematikan kematian itu sendiri. Upah dosa adalah maut namun Kristus telah mengalahkan maut. Kalimat menarik dari Paulus pada 1 Kor 15:54. "Maut telahnditelan oleh kemenangan." Penjelasan ini penting karena sejak manusia jatuh dalam dosa, manusia berdosa adalah budak dosa dan upah dosa adalah maut. Namun maut telah dikalahkan oleh kebangkitan Kristus. Maka di dalam Tuhan kita memperoleh kehidupan.
c) Ongoing Ministry: missi yang berkelanjutan. Missi Allah di dunia ini tidak dapat dihentikan oleh kematian dan kubur. Sekalipun Kristus mati dan dikuburkan namun Kristus bangkit dan membuat kubur telah kosong. Kristus tidak berhenti disana dan busuk dalam liang kubur. Kristus bangkit membuktikan kematian tidak akan menghentikan missi Allah. Murid-murid diutus untuk memberitakan kebangkitanNya dari Yerusalem, Yudea, Galilea, Samaria, Eropa, Asia, Indonesia, Tanah Batak sampai ke ujung bumi.

2. Kristus Bangkit dan Menampakan Diri Kepada murid-murid dan banyak orang. Jika kita baca keseluruhan nats ini bahwa Yesus itu benar-benar bangkit karena banyak saksi hidup yang menyaksikannya.  Penampakan diri Yesus ini bukan hanya sekedar kata orang, tetaoi mereka benar-benar melihat dan menyaksikan sendiri dan ada lengalaman langsung mereka dengan bahwa Yesus yang dibangkitkan itu.

a) Yesus menampakkan diri: beberapa catatan Injil: Matius 28:16-20 Yesus.menampakkan diri dan mengutus para murid.  Markus 16:9-20 Yesu menampakkanndiri kepada beberapa kali dan mengutus murid sebelum naik ke sorga. Lukas 24:13-36 Perjalanan ke Emmaus percakapan yang sangat menarik, Lukas 24:36-49 Yesus menampakkan diri kekepada semua murid-murid dan Yohanes kita temukan aangat deteil dimuaki dari oenampakan kepada Maria dan Magdalena (20:11-), kepada murid-murid (20:20-24), pembuktian kepada Thomas (20:24-29 dan menampakkanndiri dan makan bersama dengann murid-muridnya du Tiberias (21:1-14) serta pengutusan murid dengan menyerahkan tugas penggembalaan (21:15-19). Dsri semua peristiwa yang dicatat Injil tersebut Yesus benar-benar bangkit dan menampakkan diri kepada murid-murid. Penampakan itu bukanlah sekali dua kali, bukan hanyanpada murid-murid teyapi pada banyak orang. Melalui penampakan diri Yesus kepada murid membuktikan bahwa Yesus benar-bensr bangkit dan menjalani hidupnya bersama-sama murid-muridNya sebelum naikmke Sorga.

Pada Kisah Rasul 10:41 Peteus menjelaakan bahwa penampakan Yesus itu bukan hanya sekedar menampakkan diri kepada murid-murid tetapi Yesus itu makan dan minum bersama-sama dengan murid-murid. Apa yangbdiseburkan Petrus ini dicatat pada Yoh 21:10-11 Yesus sendiri yangnmeminta Petrus membawa ikan yang ditangkap dan mengajak mereka serapan. Yoh 21:12 "marilah dan serapan". Ini suatu pengalaman dan aktifitas manusia biasa. Yesus itu bukan hologram atau halusinasi pikiran. Tetapi Yesus yang hidup dalammoengalaman sejarah manusia.

3. Kebangkitan Kristus dan Pengutusan. Sebagaimana dikemukanan A.M. Hunter, Kebangkitan Kristus adalah Ongoing Minitry: melanjutkan missi Allah. Missi Allah tidak berhenti di kematian dan kubur. Namun kebangkitan Kristus diiukuti dengan pengurusan para murid untuk memberitakan knjil dan kebangkitan Kristus. Ada semangat kebangkitan: Petrus seorang nelayan namjn ammpu berkotbah menjelaskan nubuatan Yoel tentang makna kebangkitan Kristus pada pencurahan Roh Kudus. Ini suatunperistiwa yang sangat menarik. Roh Kudus memampukan murid-murid melakukan missk agung sebagaimana dituliskan dalam Injil. Matius menekankan pemuridan: "jadikanlah semua bangsa jadi muridKu (Mat 28:19), Markus menekankan Injilmkeselamatannitu bagi seluruh mahluk (16:15), Ljkas menekankan hiduo orang percaya menjadi Saksi Kristus sampai ke ujung bumi (Kis 1:8) dan Injil Yohanes menugaskan tugas penggembalaan kepada Petrus (Yoh 21:14-19)..

Yesus mengutus murid-muridnya untuk memberitakan Injil. Kristus telah bangkit, keselamatan Allah telah nyata bagi manusia.

Pada bagian akhir Kisah 10 ini, Kornwlius yang menerima penjelasan menyeluruh tentang Yesus khususnhmya kematian dan kebangkitanNya membuat Kornelius, seorang perwira tentara Romawi percaya kepada Yesus dan meminta Petrus membaptisnya. Kornelius seorang perwira Romawi, dia seorang prajurit rindu dan haus akan kebenaran Injil Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! Yesus Kristus telah bangkit meneguhkan iman percaya kita kepadanya.  KebangkitanNya juga memberikan amanat agung bagi untuk memberitakan Injil dan Saksi Kristus di dunia ini. Mari kobarkan kebangkitan Kristus melalui pengabdian dan pelayanan terbaik dalam hidup kita. Menjadi saksi Kristus berarti memancarkan sinar kemuliaan Kristus lewat perbuatan mulia dan pengabdian didorong oleh hati yang tulus. Memancarkan sinar kemuliaan Kristus berarti merendahkan diri sebagai hamba yang senantiasa melayani.

Sahabatku! Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan kepada saudara. Selamat Paskah. Tuhan memberkati

Salam
Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...