Selasa, 20 Maret 2018

CURAHKAN ISI HATIMU!

CURAHANKAN ISI HATIMU!

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah gunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 21/03/2018

Mazmur 62:8 (TB)  (62-9) Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela

Psalms 62:9 (RSV)  Trust in him at all times, O people; pour out your heart before him; God is a refuge for us. [Selah]

"Curhat" suatu istilah yang tidak asing lagi bagi kita jaman now bukan? Semua orang butuh tempat curhat untuk mengungkapkan yang tersumbat di hati; ada menyangkut pekerjaan, keluarga, studi, pribadi dll.  Medium curhat juga banyak bisa sahabat, pendeta, kaum professional, media sosial dll.  Namun harus kita ingat jangan sampai kebablasan tempat curhat yang seharusnya pada ruang privat (bersifat pribadi) jangan dibuka diumum. Apa kata dunia? Pilihlah orang yang tepat atau media yang tepat untuk mencurahkan isi di hati agar memperoleh jalan keluar yang tebaik yang menyembuhkan.

Berkaitan dengan renungan pagi ini ada pelajaran berharga dari pengalaman seperti pemazmur: Tuhan tempat curahan hati orang percaya.  Pertama dia percaya kepada Tuhan dalam setiap waktu. Pergumulannya dipercayakan kepada Tuhan, dia tidak kuatir dalam segala keadaan karena dia percaya kepada Tuhan. Ada orang saat-saat gembira dia optimis dengan diri sendiri, baru setelah gagal bagi pasrah dan memandang Tuhan. Tidak demikian pemazmur, dalam setiap waktu: keadaan baik atau buruk, beruntung dan mengalami kerugian, kegelisahan dan kegembiraan, pemazmur percaya kepada Tuhan. Tuhanlah pengatur waktu yang baik dan perancang terindah dalam hidup ini.

Atas pengalaman inilah pemazmur juga menganjurkan: Curahkanlah isi hatimu dihadapanNya? Apakah anda mengalami keadaan pahit yang sulit anda terima? Jangan simpan di hati apalagi menyimpannya sebagai dendam itu bisa menjadi akar pahit(baca Ibrani 12:15).Tetapi curahkanlah di hadapan Allah dalam doa pribadi. Sekalipun harus menjerit menangis dan berurai air mata untuk menuturkannya. Itu akan memberikan kelegaan dan percayakan kepada Tuhan biar Tuhan yang memberikan jalan keluar atas pergumulan hidup yang dialami. Daud sendiri pernah mengalaminya ketika disakiti misalnya: Saul menginginkan darah Daud. Daud sendiri meyerahkan segala kesesakan yang dialaminya. Pengalaman lainnya ketika Natan mengingatkan kesalahannya mengambil Batsyeba dan dampak dari perbuatannya itu bayi yang dikandung itu akan mati. Daud menumpahkan curahan hatinya kepada Tuhan.  2 Samuel 12:16 (TB)  "Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah."
Sekalipun Daud terpukul betul antara beban, rasa bersalah dan kepedihan lainnya namun akhirnya di bangkit setelah mencurahkan isi hatinya dan permohonan pengampunan dari Tuhan.

Sebelum mencurahkan isi hati pada orang-orang yang kita anggap tepat firman di pagi ini mengingatkan kita Tuhan adalah tempat curahan hati yang tepat dan perlindungan yang paling aman.  Dalam percakapan pastorak counseling mencurahkan isi hati adalah angkah penting dari trouble solving. Jika seseorang sulit mencurahkan isi hati yang sesungguhnya akan sulit pula memberikan jalan keluar atas masalah yang dihadapi. Kesediaan mengeluarkan curahan isi hati adalah terapi yang sangat baik. Jika harus membutuhkan pertolongan dari sahabat atau kaum profesional lainnya yang kita dapat menolong kita memberikan saran darimpergumulan hidup kita, pilihlah orang yang tepat yang benar-benar menyembuhkan.

Sahabat yang baik hati! Apa yang disampaikan pemazmur untuk kita pagi ini sangat penting. Tuhan itu baik dan mau mendengar curahan hati kita dan memberikan jawaban yang tepat pada waktunya bagi kita. Dialah tempat perlindungan kita paling aman dan sumber pertolongan dalam hidup kita.

Sahabatku. Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...