Rabu, 28 Maret 2018

BERJAGA-JAGA DAN BERDOALAH

BERJAGA-JAGA DAN BERDOALAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 29/03/2018

Markus 14:38 (TB)  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

Mark 14:38 (RSV)  Watch and pray that you may not enter into temptation; the spirit indeed is willing, but the flesh is weak."

Selamat memasuki Kamis Putih! Moment penting untuk memperingati hari terakhir Yesus bersama murid-muridNya. Yesus melakukan perjamuan malam bersama mereka dan dalam perjamuan malam itu Yesus membagi roti dan memberi anggur dan menyatakan ini adalah tubuh dan darah Yesus. Ini suatu misteri Allah dimana Yesus Kristus rela mengorbankan tubuh dan darahNya sebagai korban pendamaian untuk menebus dosa-dosa kita. Selain perjamuan, Yesus juga mambasuh kaki murid-murid sebagai tanda bahwa Yesus membasuh dan membersihkan muridnya dari segala dosa dan noda. Pekerjaan membasuh kaki biasanya dikerjakan oleh hamba pada tuannya. Kaki adalah bagian tubuh paling kotor, yang langsung bersentuhan dengan tanah, debu dan kotoran. Itulah yang dibersihkan oleh Yesus.  Yesus sang guru Agung dan Tuhan melakukanNya memberikan teladan bagi murid agar mau merendahkan diri dan melayani sesama.

Hal terakhir sebelum ditangkap, Yesus berdoa seorang diri dan berpesan kepada muridnya agar berjaga-jaga. Yesus tahu bahwa tinggal sesaat lagi Yesus akan ditangkap dan diserahkan untuk menjalani misiNya memenuhi kehendak Allah. Anak manusia akan diserahkan untuk tebusan banyak orang. Jika kita baca perikop Markus 14:32-42 , Yesus pada saat itu mengalami suatu kegelisahan yang amat dalam, rasanya mau mati kalau boleh hari itu bisa berlalu saja. Namun dalam kegelisahan yang luar biasa itu Yesus berdoa dan memohon agar cawan penderitaan dijauhkan namun seluruhnya diserahkan pada kehendak Allah. Yesus meminta murid-murid agar berjaga-jaga. Markus 14:33-34 (TB)  Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."

Pesan Yesus yang mengalami kegelisahan luar biasa itu rupanya tak diindahkan oleh murid-murid. Semangat mereka mengikut Yesus sampai detik terakhir kalah atas rasa kantuk yang mereka hadapi. Benarlah: roh memang penurut, namun daging lemah. Bukankah Petrus sebelumnya telah berapiapi mengatakan bahwa "Biarpun mereka semua tergoncang imannya, aku tidak." (Markus 14:29). Semangat yang berapi-api luluh oleh rasa kantuk.

Ini penting bahwa pencobaan atau tantangan  tidak turun dari langit seperti meteor besar yang jatuh sampai ke bumi atau petir besar yang menyambar dan merontokkan apa saja yang didapatkannya namun lihatlah pencobaan itu lembut dan halus yaitu rasa lelah dan kantuk yang tak tertahankan. Ketika Yesus berdoa tak seorangpun yang terjaga namun tidur pulas dan terlelap.

Sahabat yang baik hati: renungan pagi ini tetap menjadi peringatan bagi kita agar mawas diri dan berjaga-jaga atas segala godaan yang membuat kita lalai dan tidak terjaga. Jangan biarkan iman kita tertidur dan terlelap. Godaan itu kadang di luar yang kita sadari, sebagaimana murid-murid yang tertidur terlelap tak satu pun yang tidak terjaga. Mari bergegas untuk memperhatikan apa saja yang membuat kita jauh dari Tuhan meruoakan godaan yangbharua disiasati. Berjaga-jagalah agar jangan sampai jatuh ke pencobaan yang lebih berat.

Selamat mempersiapkan diri untuk ibadah besok memperingat Jumat Agung: Pengorbanan Tuhan Yesus yang rela mati di kayu salib demi menebus kita dari dosa-dosa kita. Mari persiapkan hati juga untuk menerima perjamuan kudus sebagai sakramen, bukti jaminan Yesus Kristus telah menghapus utang dosa kita menyelamatkan dari kematian kepada kehidupan

Sahabatku! Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...