Kamis, 15 Maret 2018

TUHAN TELAH MENUNJUKKAN TANGANNYA

TUHAN TELAH MENUNJUKKAN TANGANNYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 16/03/2018.

Yesaya 52:10 (TB)  TUHAN telah menunjukkan tangan-Nya yang kudus di depan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat keselamatan yang dari Allah kita.

Isaiah 52:10 (RSV)  The LORD has bared his holy arm before the eyes of all the nations; and all the ends of the earth shall see the salvation of our God.

Kapan anda terakhir tunjuk tangan? Masih ingat waktu sekolah ketika guru mengabsen dan memanggil nama kita spontan tunjuk tangan dan berkata hadir pak/ibu. Atau mungkin dalam suatu forum ada sesuatu yang mau anda katakan, maka anda tunjuk tangan atau mengangkat tangan. Kemudian moderator pun dipersilahkan berbicara. Dari dua contoh diatas menunjukkan tunjuk tangan atau mengangkat tangan adalah suatu tindakan untuk menunjukkan keberadaan atau eksistensi bahwa anda ada.

Hal ini pula yang diangkat oleh Yesaya di tengah-tengah umat Allah di pembuangan. Satu pertanyaan mereka adalah masih adakah keberadaan Allah di tengah umatNya yang terbuang?  Apalagi jaman itu ada pemahaman bahwa eksistensi keberadaan Allah sangat ditentukan oleh eksistensi suatu bangsa. Jika suatu bangsa berperang dan menang itu bukan semata kehebatan bangsa itu tetapi kehebatan Allah yang mereka puja. Yesaya menyuarakan bahwa Tuhan telah mengangkat tanganNya. Menunjukkan keberadaanNya dengan membebaskan umat Allah dari pembuangan. Perbuatan Allah itu bukan hanya dilihat oleh umat Allah sendiri, tetapi disaksikan oleh bangsa-bangsa di dunia. Allah telah menunjukkan tanganNya suatu pernyataan penting bahwa Tuhan telah melakukan peristiwa besar sama seperti Umat Isrsel keluar dark Mesir. Dengan tangan yang kuat, Tuhan membebaskan mereka dari Firaun.

Pada awal pasal 52 ini ada semacam pemberitahuan agar umat Allah bergegas untuk berangkat ke Yerusalem dan segera meninggalkan Babel. Yesaya 52:2 (TB)  Kebaskanlah debu dari padamu, bangunlah, hai Yerusalem yang tertawan! Tanggalkanlah ikatan-ikatan dari lehermu, hai puteri Sion yang tertawan!
Tuhan telah menunjukkan kuasaNya melalui suatu perbuatan yang dahsyat. Sungguh diluar perkiraan mereka. Bangkitnya Persia menahlukkan Babel menjadi peristiwa penting. Raja Koresy memerintahkan bahwa Yehuda yang ditawan Babel kembali ke Yerusalem membangun kota itu kembali. Jadi peristiwa dunia dipakai Tuhan menjadi suatu peristiwa yang membebaskan umatNya. Umat Allah keluar dari pembuangan Babel bukan karena pemberontakan mereka menang melawan Babel, atau koalisi mereka dengan bangsa aaing yang menahlukkan Babel. Semata-mata perbuatan Allah.

Tuhan telah menunjukkan tanganNya. Ini penting, bahwa Tuhan telah menunjukkan kuasanya dan keberadaanNya. Yang selama jni umat Allah terdiam dan terpaku membisu atas 'ketidak hadiran Tuhan'. Dengan renungan ini benar-benar menunjukkan kuasaNya yang membebaskan umat Allah melalui peristiwa dunia yang menggemparkan.

Sahabat yang baik hati! Dalam banyak hal, cara kerja Tuhan dalam hidup ini tak dapat kita selami. Keberadaan Tuhan tidak ditentukan baik buruknya keadaan yang kita alami. Banyak dikalangan Kristen berpikiran demikian, seolah Tuhan tidak bekerja di dalam kesusahannga.  Tuhan itu ada bersama kita; dalam keadaan baik dan buruk Tuhan itu ada dan menunjukkan karya dan perbuatannya. Kita sering berpikir Tuhan bekerja seturut dengan kehendak kita, ketika kehendak dan keinginan kita tak terjadi kita beranggapan Tuhan diam. Renungan pagi ini mengingatkan kita:  Tuhan bekerja menurut kehendakNya dan menunjukkan kuasaNya seturut kehendakNya.

Sahabatku, biarlah segala kebaikan dan kasih karunia Tuhan Yesus menyertai saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...