Minggu, 18 Maret 2018

PENGETAHUAN ORANG BENAR MEMBEBASKAN

PENGETAHUAN ORANG BENAR MEMBEBASKAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin, 19/03/2018

Amsal 11:9 (TB)  Dengan mulutnya orang fasik membinasakan sesama manusia, tetapi orang benar diselamatkan oleh pengetahuan.

Proverbs 11:9 (RSV)  With his mouth the godless man would destroy his neighbor, but by knowledge the righteous are delivered.

Saya pernah baca kejadian ini namun saya sudah lupa sumbernya persis. Menarik juga menjadi bahan refleksi bagi kita agar jangan beemain-main dengan apa yang kifa ucapkan. Suatu ketika beberapa orang anak berandalan dalam suatu suatu gedung sekolah betingkat berteriak dengan keras:  kebakaran, kebakaran, kebakaran! Suara itu spontan direspon oleh orang dengan berusaha lari menyelamatkan diri masing-masing, bedsesakan dan saling mendorong bahkan ada yang terpijak jatuh. Ratusan orang berhamburan dari dalam bangunan berdesakan mencari pintu keluar lari hendak menyelamatkan diri, karena paniknya ada orang yang melompat dari gedung. Kejadian itu membuat luka-luka dan ada yang patah kaki. Padahal anak-anak itu hanya iseng mengerjai orang. Tapi lihatlah dampak dari perkataan dari mulutnya telah melukai dan menciderai beberapa orang. Ini satu contoh tindakan kebodohan yang mendatangkan malapetaka.

Benar apa yang dikatakan oleh Amsal dalam renungan di pagi ini. Mulut orang fasik membinasakan sesama manusia. Mungkin masih banyak lagi contoh yang terjadi disekeliling kita kejadian-kejadian yang mencelakai dan membuat orang lain menderita karena ulah mulut orang fasik. Orang fasik selalu merencanakan kejahatan dan melukai sasamanya. Susah melihat orang senang dan senang melihat orang lain susah. Hidupnya hanya memproduksikan hal buruk yang mendatangkan petaka bagi sesamanya. Namun Amsal mengingatkan bahwa orang fasik tidak akan bahagia, jalan-jalannnya semuanya menuju kebinasaan. Jalan orang ibarat menggali kuburannya sendiri.
Mazmur 1:6 (TB)  sebab TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan. 

Tuhan tidak tinggal diam atas rancangan orang fasik, rancangannya akan menuju kebinasaan
Mazmur 112:10 (TB)  "Orang fasik melihatnya, lalu sakit hati, ia menggertakkan giginya, lalu hancur; keinginan orang fasik akan menuju kebinasaan." dan Amsal 3:25 (TB)  "Janganlah takut kepada kekejutan yang tiba-tiba, atau kepada kebinasaan orang fasik, bila itu datang. "
Jika orang fasik mendatangkan kebinasaan, maka tidaklah demikian dengan orang benar. Orang benar akan diberkati dan dipakai Tuhan berguna bagi orang lain. Pemikirannya dan perbuatannya memproduksikan kebaikan dan mendatangkan keselamatan dan kesejahteraan bagi banyak orang.

Orang benar akan diselamatkan oleh pengetahuan. Disini Amsal mengajarkan akan manfaat pengetahuan. Pengetahuan berguna untuk mendidik orang dalam kebenaran, dewasa berpikir, luas wawasan dan segala manfaat baik dari pengetahuan.  Dengan pengetahuan orang benar akan melepaskan diri dari jerat dan rancangan orang fasik. Tak heran jika Amsal menganjurkan agar menjual segala milik yang kita punya dan membeli hikmat. Bibir orang yang berpengatahuan lebih berharga dari emas. Amsal 20:15 (TB)  Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan.

Sahabat yang baik hati! Kita diperlengkapi oleh Tuhan dengan anggota tubuh yang semlurna dengan fungsi masing-masing. Sebagai orangbayanga takut akan Tuhan dan bdrusahan menjauhkan diri dari jalan orang fasik mari gunakan dan fungsikan seluruh anggota tubuh kita dan segala potensi diri kita untuk memproduksikan kebaikan yang mendatangkan damai sejahtera bagi semua orang. Amsal ini menyerukan bergunalah bagi orang lain dan berdampak positiplah bagi semua orang.

Sahabatku! Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...