Senin, 26 Maret 2018

BERDUKACITA DAN BERSORAKSORSI ORANG YANG BERLINDUNG PADA TUHAN


BERSUKACITA DAN BERSORAK-SORAI ORANG YANG BERLINDUNG PADA TUHAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenhngkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita.

Mazmur 5:11 (TB)  (5-12) Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu.
Psalm 5:12 (RSV)  But let all who take refuge in thee rejoice, let them ever sing for joy; and do thou defend them, that those who love thy name may exult in thee.

Setiap orang pasti butuh rasa aman. Jika seseorang terancam karena kesalahan sendiri tentu jalan paling aman adalah meminta maaf dan bersedia memperbaiki kesalahan. Semakin menyembunyikan kesalahan akan terus dikejar rasa bersalah yang tidak nyaman. Berbeda bagaimana dengan jika seseorang terancam karena kejahatan orang fasik tentu sangat sulit mencari perlindungan. Apalagi berhadapan degan orang-orang yang sadis dan benar-benar jahat. Mazmur 5 ini menjadi pelajaran berharga bagi kita, dalam keadaan terancam dia hanya berlindung kepada Tuhan. Pemazmur berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan. Dia terancam dari orang jahat: pembual, pmbohong, penipun dan haus darah (ay 5-7). Mereka adalah orang-orang yang menginginkan darah pemazmur. Rancanagn musuh ini hebat dari cara yang halus merayu-rayu (ay 10), namun rancangan mereka sesungguhnya sangat licik dan busuk; kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga.

Pemazmur menyadari tidak akan kuat menghadapi musuh yang sangat jahat ini, dia hanya bersandar kepada Tuhan; menyampaikan keadaannya yang terancam. Kekuatannya adalah doa dan mengandalkan Tuhan. Inilah salah satu keunggulan orang beriman, di dalam ketidak berdayaan, kita percaya Tuhan akan melindungi orang-orang yang percaya kepada Tuhan dan yang mencintai namaNya. Rasa takut ada, namun ketakutan itu disampaikan di dalam doa.
Apa yang dialami oleh pemazmur disini saya jadi teringat film: Home A Lone. Kisah bocah yang seorang diri di rumah terperangkap berhadapan dengan orang-orang jahat. Bocah itu sangat pintar setiap kali strategi untuk menangkap anak itu pada saat itu pelakor jahat itu mendapat ganjaran atas rancangan. Kisah kocak dan lucuh namun memiliki pelajaran berharga. Di akhir kisah itu anak aman dan penjahatnya tertangkap.

Dalam keadaan terancam, pemazmur hanya berlindung kepada Tuhan. Berlindung di dalam Tuhan akan aman dan tenteram, memperoleh sukacita dan bersoraksorai. Mazmur 5:11-12 (TB)  (5-12) Tetapi semua orang yang berlindung pada-Mu akan bersukacita, mereka akan bersorak-sorai selama-lamanya, karena Engkau menaungi mereka; dan karena Engkau akan bersukaria orang-orang yang mengasihi nama-Mu. (5-13) Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Sahabat yang baik hati! Kita semua tidak menghendaki ada orang yang memusuhi kita, namun sijahat akan terus merancangkan kejahatan dan mencari mangsanya.  Bersandarlah pada Tuhan dan berlindung dibawah sayapNya Tuhan akan melindungi kita dari semua usaha sijahat.

Sahabatku. Kiranya Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...