Rabu, 15 Juli 2020

TAK SATUPUN TERSEMBUNYI BAGI TUHAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Kamis 16 Juli 2020

TAK SATUPUN TERSEMBUNYI BAGI TUHAN

Selamat Pagi! Sahabatyang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Ibrani 4:13 (TB)  Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Hebrews 4:13 (RWV)  Neither is there any creature that is hidden in his sight: but all things are naked and opened to the eyes of him with whom we have to do.

'Poligrafi' adalah alat detektor yang dipergunakan akhir-akhir untuk mengindikasikan seseorang apakah dia berbohong atau tidak.  Semuanya tersambung dengn kabel-kabel yang berujung ke sebuah kotak, yang terus melanjutkan data ke laptop Mordi. Poligraf, atau biasa dikenal sebagai pendeteksi kebohongan, bekerja dengan mengukur perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh, misalnya jumlah helaan napas, detak jantung, tekanan darah dan reaksi mendadak pada kulit

Di Amerika, poligraf diterapkan dalam proses seleksi calon anggota CIA dan sejumlah jabatan di pemerintahan. Poligraf bermanfaat dalam membantu polisi melakukan investigasi. "Dengan poligraf, sangat cepat dan mudah bagi polisi untuk menentukan tersangka sebuah kejahatan dan memutuskan apakah perlu bagi polisi untuk menggali informasi lebih dalam tentang seseorang, atau mencari calon tersangka lain."

Diakui alat ini canghih namun alat ini masih banyak kelemahan. Seseoramg masih dapat menipu poligrafi, apalagi orang yang diinvenstigasi tahu dia dideteksi. Hingga saat ini pengadilan tidak menggunakan piligrafi sebagai bukti di pengadilan. Itulah kehebatan manusia masih ada bilik hati yang terdalam yang tidak dapat diketahui oleh orang lain. Benar ungkapan ini yang mengatakan: tingginya langit dapat diukur, dalamnya laut dapat diukur tapi siapakah yang mengetahui isi hati seseorang?

Renungan hari ini memberikan jawaban bahwa tidak ada yang tersembunyi dihadapan Allah. Tuhan itu maha tahu tentang semua ciptaannya, dan menatanya dengan baik dan tahu fungsinya masing-masing. Allah mengetahui seluruh ciptaannya dari mahkluk hidup dan benda mati, tanaman, hewan,  benda yang kecil hingga besar, dari yang terlihat sampai partikel kecil yang tidak terlihat. Semuanya terdata dengan baik dihadpan Allah dan tidak ada yang tersembunyi. Semuanya Tuhan tahu dan segala sesuatu tentang ciptaanNya diketahui dengan jelas.

Demikian dengan manusia, apa yang dikatakan,  dikerjakan dan lakukan semuanya terekam dan terdokumentasi dengan baik bahkan maksud hati yang tersimpan di bilik hati terdalam sekalipun diketahui oleh Tuhan. Sesungguhnya tidak ada yang tersembunyi bagi Tuhan. Tuhan terus mengamati setiap perbuatan seseorang. Yeremia 16:17 (TB)  Sebab Aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan mereka pun tidak terlindung di depan mata-Ku.

Kemahatahuan Tuhan ini seharusnya membuat manusia semakin sadar diri akan perbuatan jahat, kebohongan, akal busuk dan segala perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Jika manusia dapat berbohong dan menipu orang lain namun ingatlah semuanya diketahui oleh Tuhan. Waktunya Tuhan akan membuka semua yang diperbuat dalam pengadilan akhir. Manusia tidak dapat membuat pembelaan dihadapan Tuhan karena Tuhan mengetahui segalanya. Markus 4:22 (TB)  Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Sahabat yang baik hati, apakah yang mau disapa renungan ini pada kita? Hidup terbuka dihadapan Allah. Di dalam Tuhan tidak ada yang tersembunyi? Semuanya letak dan dimana Tuhan menempatkan seluruh ciptaannya teratur dengan baik. Jika manusia bisa menyembunyikan sesuatu dari orang lain, jika penjahat bisa membohongi hakim dan jika pelaku kejahatan bisa menghindar dari penyidik maka di dalam Tuhan tidak ada yang tersembunyi. Semua ciptaannya dipakai berguna dan memberikan informasi tentang apapaun yang Tuhan. Jika jaman now ada dokumentasi CCTV yang merekam dan mengawasi sekitarnya bahkan dengan kamera satelit sekalipun. Maka lebih dari itulah Tuhan merekam segala perbuatan manusia. Karena itu marikah menempa diri hidup jujur, terbuka dan berusaha berterus terang dihadapan Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...