Rabu, 22 Juli 2020

BERHIKMAT MENILAI AKHIR ZAMAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Kamis, 23 Juli 202

*BERHIKMAT MENILAI AKHIR ZAMAN*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan

Lukas 12:54 (TB)  Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.

Luke 12:54 (RWV)  And he said also to the people, When ye see a cloud rising in the west, immediately ye say, There cometh a shower; and so it is.

Waktu saya anak-anak ada semacam  pemahaman umum di kalangan orang tua di kampung dalam membaca fenomena alam. Misalnya, jika ayam berkokok pada malam hari itu diartikan akan berita kelahiran. Jika ada elang berkeliling di diatas satu desa dan berbunyi : "hulis..", "hulis..."  itu suatu tanda akan ada salah satu warga yang akan meninggal. Demikian dengan tanda-tanda lainnya. Dengan cara itulah orangtua di jaman itu membaca fenomena alam dan fenomena lainnya. Mungkin sudah menjadi warisan turun temurun sebelum ada pendidikan formal. Membaca fenomena alam seperti itu tentu akan menjadi asing pada masa kini karena manusia di era post modern dituntun menjelaskan sesuatu secara rasional baru diterima sebagai kebenaran.

Di kalangan masyarakat Yahudi di jaman perjanjian baru juga nampaknya mereka memiliki pengetahuan umum akan fenomena alam. Lukas 12:54 (TB)  Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.
Dan jika petang tiba langit merah itu pertanda hari akan cerah. Matius 16:2 (TB)  Tetapi jawab Yesus: "Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah.

Pemahaman umum seperti dipergunakan Tuhan Yesus untuk menjelaskan agar murid-muridnya berhikmat mengenal tanda-tanda zaman. Dunia ini dan segalamisinya akan berlalu (Markus 13:31) namun kapan datangnya tak seorang pun yangtahu. Orang percaya tidak disurih untuk menerka-nerka kapan akhir jaman karena tak seorang pun yang tahu kapan akan datang. Oramg percaya hanya diingatkan agar berjaga-jaga.
Akhir segala sesuatu akan tiba, namun orang percaya diberi hikmat untuk tetap berjaga-jaga dan dapat membaca tanda-tanda jaman. Kejadian-kejadian alam dan fenomena alam yang terjadi harus dimaknai sebagai sapaan Tuhan pada umat manusia.

Dalam renungan ini, Tuhan Yesus memberikan pesan kepada murid-murid agar mereka dapat membaca tanda-tanda jaman. Lukas 21:10-12 (TB)  Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan,
dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku.

Atas semua ini Yesus berpesan murid-murid tetap dalam semua fenomena yang terjadi menjadi kesempatan untuk bersaksi dan tidak usah memikirkan pembelaan apa yang harus disampaikan. Dalam segala keadaan tetap bertahan dan setia.  Di dalam semua  fenomena yang terjadi percaya Tuhan Yesus akan memberikan berhikmat bagi orang percaya.

Sahabat yang baik hati! Ajakan Tuhan Yesus ini mengingatkan kita agar tetap berjaga-jaga. Sekali lagi berjaga-jaga, bukan takut. Berjaga-jaga berdeda dengan takut. Berjaga-jaga berarti mempersiapkan diri menghadapinya segala kemungkinan. Jika hari Tuhan terjadi dia sudah siap. Takut berarti mencari jalan bagaimana menghindari diri dari hari Tuhan karena tidak siap menghadapi datangnya akhir zaman, takut akan penyiksaan dan hukuman yang kekal. Dalam semua fenomena alam yang terjadi ada hikmat Tuhan yang mesti kita terjemahkan dalam hidup kita. Terlebih di masa pandemi covid 19 ini. Kita percaya Tuhan menyapa umat manusia melalui pandemi ini agar waspada dan berjaga-jaga. Jika kini semua tanda-tanda hari Tuhan masih tersembunyi bagi kita, percayalah pada waktunya Tuhan akan menyingkapkannya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...