Kamis, 02 Juli 2020

MENGENAL ROH

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Kamis, 3 Juli 2020

MENGENAL ROH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

1 Yohanes 4:2 (TB)  Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

1 John 4:2 (RWV)  By this ye know the Spirit of God: Every spirit that confesseth that Jesus Christ hath come in the flesh is from God:

Dalam zaman now sangat sulit membedakan yang asli atau yang palsu. Kita sudah mengenal istilah "aspal" (asli tapi palsu), dalam produk barang misalnya ada istila KW1, 2, 3...dst. Barangnya sepintas sama dsri warna, ukuran dan bentuk tak ada obahnya namun kwalitas sangat jauh berbeda. Sebagai contoh saya kemarin membawa mobil auto 2000 ada satun onderdil yang mau diganti.  Saya searching google banyak barangnya, harganya pun variatif dan akhirnya kita bingung menentukan yang mana. Saya tidak mau coba-coba saya serahkan pada pihak Toyota untuk memesan barang yang ori.

Tehnologi canggih sekarang telah memahirman manusia untuk lebih mudah memalsukan atau mengcopy yang asli dan meyakinkan orang bahwa prodaknya asli. Anehnya kadang yang palsu lebih meyakinkan ketimbang yang asli.

Renungan ini menyangkut nasihat rasul Yohanes kepada jemaat mula-mula agar mereka benar-benar menguji segala sesuatu terkait dengan pengajaran, pemberita Injil dan pengajar-pengajar palsu dan nabi-nabi palsu. Telah banyak datang ke jemaat menawarkan rupa-rupa pengajaran; rupa-rupa pengajaran itu tampil begitu meyakinkan dan mempesona lebih dari rasul yang memberitakan Injil Kristus, padahal mereka adalah guru-guru palsu. Pengajaran mereka palsu dan tidak benar-benar memberitakan Injil Yesus Kristus, mereka hanya menyesatkan jemaat, memberitakan Injil bukan karena kepentingan Kristus tetapi demi kepentingan dirinya sendiri.

Sehubungan dengan itu rasul Yohanes menyampaikan agar menguji rupa-rupa roh. Roh apa dibalik berbagai kedatangan pengajaran yang bermunculan ini. Apakah itu Roh berdasarkan pengenalan akan Allah yang sungguh atau hanya keinginan manusia semata. Rasul Yohanes menyebutkan hanya satu indikator untuk mengujinya. 1 Yohanes 4:1-2 (TB)  Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

Pesan ini sangat penting juga bagi kita saat ini, karena banyak sekali rupa-rupa pengajaran yang tidak jelas datang tiba-tiba secara mempesona dan membuat hal-hal menakjubkan dalam sesaat, namun setelahnya buah pahit yang menyesatkan dan keinginan daging, bisnis dan materi. Yesus sebenarnya sudah mengingatkan hal ini: Dari buahnyalah kita mengenal pohon. Matius 7:16-17 (TB)  Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

Sahabat yang baik hati! Rasul Yohanes menyampaikan tidak semuanya pengajaran yang mengaku Yesus Kristus datang dari Allah. Roh yang mengenal Allah adalah pengajaran yang menjelaskan keselamatan di dalam diri Yesus Kristus. Dia datang dari Allah dan menjadi manusia, rela mati di kayu salib demi kasihNya yang besar kepada kita. Renungan ini agar orang percaya semakin kritis dan cermat akan berbagai rupa-rupa pengajaran. Di kalangan Kristen, harus kita akui banyak muncul rupa-rupa pengajaran yang sangat berbeda, yang sangat disesalkan sering membenarkan diri dan menyesatkan yang lain. Nats ini mengingatkan kita kepada tujuan kekristenan, yaitu keselamatan di dalam Yesus Kristus. Mari memberitakan Injil Yesus Kristus.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...