Selasa, 14 Juli 2020

BETAPA BESARNYA PEKERJAANMU

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
renungan Harian, Rabu, 15 Juli 2020

BETAPA BESARNYA PEKERJAANMU

Selamat Pagi! Sahabatbyng baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di oagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Mazmur 92:5 (TB)  (92-6) Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaan-Mu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancangan-Mu.

Psalms 92:5 (RWV)  O LORD, how great are thy works! and thy thoughts are very deep.

"Maka jiwaku pun memujiMu:
"Sungguh besar Kau, Allahku!"
Maka jiwaku pun memujiMu:"
"Sungguh besar Kau, Allahku!"

Demikian reffrain syair KJ No 64 menggambarkan karya dan kebesaran  Tuhan atas ciptaanNya dan perbuatannya dalam sejarah umatNya.
Nyanyian seperti itu jugalah yangbkita temukan dalam Mazmur 92. Suatu pujian atas kebesaran Tuhan Maha Kuasa, Dia adalah hakim adil atas segala bangsa. Mazmur ini disebutkan nyanyian pada hari Sabath, sebagai lagu pujian yang umum dinyanyikan dalam ibadah setiap hari Sabath.  Dalam nyanyian ini,  kembali diingatkan bahwa Allah itu sungguh besar dan Maha mulia. Dialah pencipta segala sesuatu. Pada hari yang ketujuh Allh beristirahat dan oleh sebab itulah manusia beristirahat memuji dan memuliakan Tuhan.

Dalam.narasi penciptaan, Allah berhentinpada hari Sabatj dasar inilah yang dijadikan untuk beribadah ada hari Sabath. Namun usai mencipta Allah sesunghuhnya tidak berhenti tetapi terus bekerja dan berkarya memelihara ciptaanNya. Allah berkarya dalam sejarah manusia dan dalam sejarah bangsa-bangsa. Allah juga bekerja dan berkarya melalui sejarah umatNya. Dalam Alkitab kita menemukan sungguh banyak dan besar perbuatan Allah daam sejarah umat Israel. Allah membebaskan Israel dari perbudakan Mesir dengan mujizat-mujizat. Allah menuntun bangsa Isrsel swlama 40 tahun di padang gurun dengan keajaiban. Atas semua perbuatan Allah yang ajaib orang Israel mengingatkan dan mengajarkan perbuatan Allah dalam hidup mereka dengan rumusan Credo atau pengakuan iman. Ulangan 5:15 (TB)  Sebab haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat.

Setiap orang Israel harus mengingat perbuatan Allah yang besar ini dan mengajarkannya kepada anak-anak. Atas perbuatan allah yang besar ini mereka tidak boleh melupakan sejarah. Mengingat semua itu mereka harus sungguh-sungguh setia kepada Allah dan mengasihi Allah dengan segenap akal, kekuatan dan jiwa mereka.

Sahabat yang baik hati! Perbuatan kecil yang terkesan yang pernah dilakukan orang pada kita pasti kita ingat. Alangkah malunya kita kalau seseorang lupa kebaikan. Lebih dari itulah bangsa Isrsel jika mereka luoa akan Tuhan. Tuhan telah melakukan peekara besar dan ajaib dalam sejarah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...