Jumat, 03 Juli 2020

JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN TUHAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Sabtu, 4 Juli 2020

JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN TUHAN

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Mazmur 145:8 (TB)  TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.

Psalms 145:8 (RWV)  The LORD is gracious, and full of compassion; slow to anger, and of great mercy.

Mazmur 145 merupakan sajak yang sangat indah dan diausun secara apik menurut alpabetik Ibrani. Jika kita baca teks asli dalam Ibrani, Mazmur ini disusun sedemikian indah dimulai dari huruf: alef   א  sampai dengan huruf taw  תְּ (alphabetif Ibrani a-z). Terdiri dari 21 huruf masing-masing huruf disusun menjadi syair yang indah satu-satu ayat menceritakan dan  menggambarkan kebesaran, kemuliaan dan keagungan Tuhan. Huruf-huruf yang rapi tersusun memancarkan keindahan dan kemuliaan Tuhan. Dilihat dari penyusunan teksnya mazmur ini mau menunjukkan bahwa seluruh alphabetik, huruf-huruf, kata, kalimat dan bahasa yang dipergunakan manusia semestinya menceritakan kemuliaan dan kebesaran Tuhan.

Dari segi isi pesannya Mazmur 145 merupakan ajakan untuk memuji dan memuliakan Tuhan atas segala kebesaranNya. Memuji Tuhan bukan sesaat namun sepanjang masa, dari satu angkatan ke angkatan lainnya dan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Bagaimana memuji segala kebesaran Tuhan. Ibarat melihat seorang perwira tinggi militer berpakaian dinas lengkap, disematkab beebagai atribut pangkat, jasa dan berbagai bintang penghargaan yang dimiliki.  Semakin banyak prestasinya tentu semakin gagah kelihatannya. Bagi orang yang paham dan tahu akan jenis-jenisnya dia akan mengenal dan akan kagum. Demikian halnya dengan raja dengan pakaian kebesarannya akan penuh dengan hiasan dan mahkota yang mengagumkan.

Gambaran seperti inilah yang dipergunakan oleh pemazmur untuk memuji dan memuliakan segala kebesaran Tuhan. Dia tahu dan kenal Allah dari pengalamannya sendiri akan kemahakuasaan Allah. Allah itu raja yang mengagumkan. Dalam renungan hari ini ada sifat Allah yang diagungkan oleh pemazmur, yakni:

01. Pengasih
Allah adalah penuh kasih, sekalipun Tuhan murka kepada dosa dan pelanggaran kita namun kasihnya lebih besar dari murkanya. Ibarat seorang ayah yang menaruh kaaih pada anaknya lebih dari itu Tuhan mengasihi kita.

02. Penyayang
Tuhan tidak akan pernah membiarkan umatNya sendirian dalam kesusahan. Sekalipun ada alasan untuk membiarkan mereka jatuh karena perbuatan mereka namun karena kaaih sayangnya Tuhan tak akan membiarkan umatNya. Tuhan itu penyayang dan akan menopang umatNya.

03. Panjang sabar dan penuh kasih setia
Jika kata pengasih dan penyayang diibaratkan seperti kasih seorang ayah, maka dengan sebutan "panjang sabar" dan "setia" lebih mengacu kepada sifat dan kesabaran seorang ibu yang merawat anak-anaknya. Tuhan tetap sabar dan setia menunggu pertobatan umatNya, mengingatkan, menasihati bahkan seperti ibu membujuk anaknya yang sedang merajut agar mau kembali kepangkuan ibu. Lebih dari itu kesabaran dan kesetiaan Tuhan kepada umatnya. Kesabaran Tuhan itu "unlimited" atau tanpa batas waktu, ruang dan tempat. Dia setia selama-lamanya.

Sahabat yang baik hati! Jika pemazmur menuturkan pengenalannya akan Tuhan bagaimana dengan kita? Apakah kita juga merasakan bahwa Tuhan itu pengasih, penyayang, panjang sabar dan penuh kasih setia? Jika Tuhan pengasih, panyayang dn panjang sabar dan segala kebaikannya mengapa kita mau meninggalkan dan mengabaikan Tuhan. Sahabat yang baik dan dekat di hati pasti sulit kita lupakan dalam hidup ini. Lebih dari itu kehadiran Tuhan dalam hidup kita, masakan kita mau melupakanNya?

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...