Sabtu, 01 Desember 2018

BINTANG AKAN TERBIT DARI YAKUB

Kotbah Minggu, 2 Des 2018
Nas: Bilangan 24:15-17

*BINTANG AKAN TERBIT DARI YAKUB*

Bilangan 24:17 (TB)  Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, dan meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Seth.

Selamat Advent Pertama dan selamat hari minggu bagi kita semua! Sahabat yang baik hati, Miggu Advent adalah masa penantian, umat Kristen diajak untuk melakukan doa, mempersiapkan hati kita untuk menyongsong dan menyambut Raja segala bangsa akan hadir di tengah-tengah umatNya. Dia berkuasa atas segala bangsa.

Alkitab memberitakan bahwa Allah berdaulat atas segala bangsa. Tuhan memakai Korea membebaskan umatNya. Salam kotbah ini Bileam nabi orang Moab,  dia dibayar Raja Balak untuk mengutuki umat Israel yang sedang memasuki dan menguasai Kanaan, Raja Moab ketakutan dan membayar petenung bernama Bileam untuk mengutuki Bangsa Israel. Tapi apa yang terjadi Bileam memberkati Israel dan bernubuatn tentang kejahatan Israel. Mengapa demikian, Tuhan berkuasa atas setiap orang.

1. Bileam: Nabi Upahan dan Teguran Tuhan
Siapakah Bileam ini? Sebenarnya dia adalah nabi tapi berubah menjadi peramal dan petenung bayaran, semacam orang pintar yang dipakai oleh raja-raja di sekitar Kanaan. Alkitab mencatat Bileam menyampaikan ramalan berdasarkan upah (Bil 22:7,17).  Sebelum perikop Balak raja orang Moab meminta bantuan Bileam untuk mengutuki Israel. Pertama dia sudah meminta petunjuk dan Tuhan sudah memulangkan suruhan Balak karena Israel tidak dapat dikutuki. Namun Balak memberikan upah yang lebih besar lagi agar mengutuki Israel. Bileam juga meminta petunjuk dari Tuhan, akhirnya mau dan berjalan bersama Balak.

Sebenarnya Tuhan telah menegur Bileam atas sikapnya itu sampai membuat keledainya berbicara kepada Bileam. Bilangan 22:28 (TB)  Ketika itu TUHAN membuka mulut keledai itu, sehingga ia berkata kepada Bileam: "Apakah yang kulakukan kepadamu, sampai engkau memukul aku tiga kali? Ini pelajaran penting, janganlah memanfaatkan firman Tuhan demi mencapai keuntungan seperti Bileam. Binatang pun dapat dipakai Tuhan menyadarkan kesalahan kita.

Tidak jera dengan peringatan Keledai yang ditungganginya. Bileam terus melanjutkan missinya: bangkit bersama Balak hendak mengutuki Israel. Di bukit pengorbanan Baal bernama Kyriat-Huzot (Bil 2:39) Bileam berdiri hendak menyampaikan kutukan kepada Israel, dan apa yang terjadi justru sebaliknya kata-kata yang keluar dari Bileam adalah menyampaikan berkat bagi Israel (Bacalah Bil 23 dan 24). Kejadian ini membuktikan bahwa Allah itu adalah berkuasa atas hati dan pikiran setiap orang. Bisa saja orang jahat hendak mengutuki namun jika Tuhan berkehendak akan diputar balikkan. Kejadian ini membuat Balak raja orang Moab yang membanyar Bileam menyesal dan marah terhadap Bileam.

Sikap Bileam ini merupakan yang harus dijauhi oleh Kekristenan sebagaimana disampaikan oleh Rasul Petrus dalam 2 Petrus 2:15-16 (TB)  Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.
Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu.

2. Bintang Akan Terbit dari Yakub
Salah satu hal penting dari nubuatan Bileam adalah bahwa "bintang akan terbit dari Yakub". Bintang Yakub ini bukanlah hanya kisah masa lalu seperti Yusuf anak Yakub menjadi perdana menjadi menteri di Mesir tetapi binatang besar yang akan memerintah bangsa yang besar. Nubuatan ini menyangkur dua Hal, Israel menjadi bangsa yang besar Dan akan lahir pemimpin yang besar.  Mengenai kejayaan Israel akan menjadi suatu bangsa yang besar berarti  janji Tuhan Terhadap Abraham akan dipenuhi.  Aku akan menjadikan keturunanmu menjadi bangsa yang bear (Baca Kej 12:1-4)

Bintang dari  Yakub berarti akan lahir menjadi pemimpin besar dari ketekunan Yakub. Suatu raja akan lahir yang bukan hanya memimpin bangsa Israel yang besar tetapi kerajaannya akan menghakimi seluruh raja-raja di dunia. Bukan hanya menakhlukkan Moab, tetapi meremukkan keturunan Seth.   Istilah menghakimi keturunan Seth mengingatkan anak Adam. Setelah Kain membunuh Habel,  Tuhan memberikan anak bagi Adam bernama Seth, itulah leluhur umat  manusia. Jadi bintang dari Yakub ini bukan hanya memimpin bangsa Israel yang akan menjadi besar tetapi memimpin seluruh bangsa-bangsa dan menghakimi setiap manusia dan bangsa-bangsa di dunia.

3. Songsong Tuhan Yesus Sang Raja.
Injil Matius mengangkat bintang ini menjadi petunjuk penting kelahiran Mesias. Orang majus datang ingin sujud menyembah Mesias Anak Allah, Raja yang kekal. Matius 2:2 (TB)  dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."

Yesus adalah Mesias yang kita menantikan, Dia lahir dari keturunan Yehuda, keluarga Daud. Yesus sendiri disebut dengan Kristus Anak Daud. Binatang akan terbit dari Yakub suatu nubuatan yang disampaikan oleh Bileam. Nubuatan ini lahir dari kebenaran, sekalipun awalnya ada kerjasama Bileam dan Balsak, namun justru Tuhan menyatakan kebenaran lewat Bileam:
- orang yang terbuka makanya
- orang yang mendengar langsung perkataan dari Tuhan
- menerima penglihatan
- mengetahui akan Allah yang ma ha tinggi.
Nubuatan ini benar-benar menjadi suatu kebenaran yang digenapi di dalam diri Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! di masa Advent ini mari kita petik pelajaran berharga dari Bileam; jangan terima suap atau memanfaatkan pelayanan demi mendapatkan uang. Tuhan tidak mau dipermainkan oleh lidah penipu. Tetapi Tuhan memanggil kita agar menggunakanlah segala potensi diri kita menyongsong masa depan yang cerah. Telah terbit binatang dari Yakub, Mari persiapan diri nasing-masing menyongsong Tuhan.

Selamat Advent I

Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...