Selasa, 18 Desember 2018

HARI TUHAN DATANG SEPERTI PENCURI MALAM

HARI TUHAN SEPERTI PENCURI MALAM

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan,  inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas. Rabu, 19/12/2018

1 Tesalonika 5:2 (TB)  karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. 

1 Thessalonians 5:2 (RSV)  For you yourselves know well that the day of the Lord will come like a thief in the night.

Pada Minggu Peringatan Orang Meninggal 25 Nop 2018 lalu, di Di HKBP Depok 1 ada 21 orang tercatat anggota jemaat yang meninggal terhitung dari 27 Nop 2017 - 25 Nopember 2018, sebagaimana biasa nama-nama mereka dibacakan dalam ibadah Minggu. Menurut catatan saya ada 7 dari 21 orang yang mati mendadak atau kematiannya tiba-tiba. Ada satu yang meninggal karena kecelakaan dan ada enam orang diduga sakit jantung.  Keluarga sangat berduka dan kehilangan karena tak disangka dan tak diduga kematian begitu cepat datang. Padahal sehari sebelumnya masih segar bugar, tidak ada penyakit dan masih beraktifitas seperti biasa namun seperti disambar petir tiba-tiba mendapat kabar sudah meninggal. Itulah kematian, datangnya tak terprediksi, tak seorang pun tahun kapan kematian itu tiba pada diri seseorang.

Nas renungan di pagi hari ini adalah nasihat TuhannYesus kepada murid-muridNya, agar mereka berjaga-jaka karena hati Tuhan akan segera datang.  Hari Tuhan datang seperti pencuri malam.

Apa itu hari Tuhan? Menurut Alkitab secara sederhana ada tiga makna dari kata hari Tuhan yaitu: Pertama adalah kedatangan Tuhan dalam kemuliaanNya. Yesus akan datang menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Hari Tuhan adalah hari penghakiman bagi setiap orang dan akhir  jaman. Kedua, hari Tuhan adalah hari di mana Tuhan melakukan perbuatan besar kepada umatNya, bisa berupa hukuman terhadap bangsa asing dan pembebasan umatNya.  Hari Tuhan nerkaitan dengan karya dan perbuatan Allah yang ajaib yang nyata disaksikan oleh umatNya. Ketiga adalah hari Tuhan secara personal terjadi pada pribadi-pribadi yang dipanggil menghadap Tuhan. Hari Tuhan adalah hari kematian yang terjadi pada seseorang. Hari Tuhan dalam ketiga makna di atas sama-sama memberikan penjelasan tidak ada yang tahu kapan hari Tuhan terjadi bahkan Yesus sendiri juga tidak mengetahuinya. Hanya Tuhan yang tahu kapan harinya. Sekalipun tidak seorang pun tahu, hari Tuhan pasti datang. Tugas kita bukan menaksir-naksir kapan hari Tuhan itu datang, melainkan berjaga-jaga karena akan datang seperti pencuri di malam hari.

Mungkin saat ini kita kebingungan mengapa disebut datang seperti pencuri malam? Karena kenyataannya pencuri datang bukan hanya malam Hari, namun kapan saja, dimana saja dan oleh alat tehnologi apa saja. Pencuri jaman kini makin canggih, bukan hanya mencuri barang dari rumah tetapi mencuri lewat transaksi online yang tidak disadari dan diketahui oleh pemilik rekening nya.  Hari Tuhan datang seperti pencuri di malam haru bukan bersrti.meningkatkan keamanan, tetapi mau.menunjukkan moment bahwa Hari Tuhan datang tanpa diduga dan diprediksi.

Di jaman PB setiap orang beraktifitas pada siang hari, bekerja di ladang, sawah dan usaha mereka masing-masing. Ketika malam mereka istirahat melepas lelah dan tertidur. Dalam keadaan terlelap pencuri memasuki rumah dan mencuri harta benda seisi rumah tersebut. Tak ada yang melihat, tak ada yang mendengar dan tak ada yang mengetahui kedatangan sang pencuri.  Setelah mereka bangun pagi hari baru mereka menyadari pencuri telah masuk dan mengambil harta benda mereka.

Sahabat yang baik hati! Renungan ini mengajak kita agar tetap berjaga-jaga. Tuhan segera datang, jangan terlelap oleh berbagai kegemerlapan dunia ini. Tuhan segera datang,  nyalakanlah dian yaitu pelita iman dan persediaan minyak yaitu perbuatan baik. Ketika Tuhan datang kita ikut bahagia bersama Tuhan dalam kehidupan yang kekal.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...