Rabu, 19 Desember 2018

HARI TUHAN SEPERTI PENCURI (Bag 2)

*HARI TUHAN SEPERTI PENCURI (Bagian 2)*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan,  inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas.  Kamis, 20/12/2018

2 Petrus 3:10 (TB)  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 

2 Peter 3:10 (RSV)  But the day of the Lord will come like a thief, and then the heavens will pass away with a loud noise, and the elements will be dissolved with fire, and the earth and the works that are upon it will be burned up.

Saya sangat senang, dua hari ini renungan harian berturut-turut membicarakan tentang hari Tuhan. Rabu kemarin membicarakan Hari Tuhan seperti pencuri di malam hari menunjukkan tentang moment atau waktu yang tidak diprediksi. Pada hari ini berbicara tentang apa yang akan terjadi ketika hari Tuhan itu tiba. Secara singkat Rasul Petrus mengatakan bahwa segala akan berakhir, langit akan lenyap, unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api dan dan segala yang ada diatas bumi akan lenyap. Itulah hari Tuhan di akhir zaman. Akhir dari segala-galanya. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi firman Tuhan adalah kekal. Ketika dunia dan segala yang diatasnya lenyap pada saat yang sama orang percaya memasuki langit dan bumi yang baru.

Apa yang disampaikan oleh Rasul Petrus ini ditegaskan dalam kitab Wahyu dijelaskan lewat peringatan, tanda-tanda dan malapetaka dengan lambang cawan ditumpahkan ke bumi. Wahyu 16:17-18 (TB)  Dan malaikat yang ketujuh menumpahkan cawannya ke angkasa. Dan dari dalam Bait Suci kedengaranlah suara yang nyaring dari takhta itu, katanya: "Sudah terlaksana." Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu.

Demikianlah Alkitab memberitahukan akhir zaman. Duni ini dan segala unsur-unsur di dlamnya akan lenyap dalam api. Maka tugas orang percaya mempersiapkan diri memasuki langit dan bumi yang baru. Wahyu 21:1 (TB)  Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi.


Pertanyaan: jka segala sesuatu di dunia akan hancur dan berlalu mengapa ada orang yang lupa diri demi memperoleh sesuatu di dunia ini. Lihatlah bukankah telah banyak orang melakukan kejahatan, menipu, membunuh dan menindas orang demi mencari harta kekayaan. Bukankah telah banyak anggota keluaraga hidup saling bermusuhan dan tidak bisa berjumpa karena sengketa warisan? Harta akan berlalu namun persaudaraan abadi. Karena kita di dalam sorga adalah satu keluarga Allah. Jika di dunia ini kita tidak bisa rukun dan damai dalam rumah tangga bagaimana kita bisa disebut sebagai Keluarga Allah?

Sahabat yang baik hati! Dunia ini dan segala isinya akan berlalu, segala kekayaan, kekuasaan dan kemuliaannya akan berakhir. Mari cari dan peganglah apa yang mendatangkan damai sejahtera karena itulah hakelat pribadi seorang pewaris kehidupan kekal. Mari mempersiapkan diri menjadi salah satu penghuni langit dan bumi yang baru yang dipersiapkan oleh Tuhan bagi kita.

 Kita adalah ibarat butiran pasir dari seluruh ciptaan Tuhan yang bisa saja lenyap bersamaan dengan lenyapnya langit, bumi dan segala isinya dalam nyala api yang menghanguskan. Tetapi sekalipun kita partikel diantara ciptaan lainnya Tuhan mengingat kita bahkan Yesus Kristus telah mati berkorban untuk menyelamatkan kita dari dosa. Kini di Advent ini sedang menantikan Tuhan. Tuhan segera datang, dunia ini akan berlalu. Sedialah dan setialah sampai kesudahannya maka Tuhan akan memberika mahkota kehidupan yang kekal kepada kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...