Kamis, 20 Desember 2018

JANGAN TINGGALKAN PERTEMUAN JEMAAT

JANGAN TINGGALKAN PERTEMUAN JEMAAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam beraktifitas.  Jumat, 21/12/2018

Ibrani 10:25 (TB)  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Hebrews 10:25 (RSV)  not neglecting to meet together, as is the habit of some, but encouraging one another, and all the more as you see the Day drawing near.

Gereja adalah persekutuan orang percaya. Pengertian persekutuan berarti menunjukkan suatu komunitas, hidup bersama dengan orang lain. Sekalipun iman bersifat personal hubungan pribadi dengan Tuhan, tetapi orang percaya harus hidup dalam suatu persekutuan.  Jadi sungguh tidak masuk akal jika ada orang Kristen berkata: saya sudah mengenal Kristus Yuluruselamat saya pribadi, maka saya tidak perlu ke gereja. Saya tak perlu datang beribadah ke gereja karena saya bisa berdoa secara pribadi kepada Tuhan. Saya tidak perlu ke gereja bernyanyi karena saya bisa bernyanyi memuji Tuhan sendirian di rumah dan memutar lagu rohani. Saya tak perlu lagi ke gereja atau ke persekutuan untuk mendengarkan kotbah Pendeta atau majelis karena saya bisa membaca Alkitab atau mendengarkan kotbah lewat televisi, radio dan medsos seperti WA, Tweet, FB dll. Keselamatan memang bersifat personal, karena masing-masing pribadilah yang percaya. Tetapi hakekat orang percaya adalah hidup dalam persekutuan. Sehebat apapun kita secara pribadi melakoni aktifitas iman kita secara pribadi namun Alkitab tidak memperkenankan orang percaya meninggalkan persekutuan.  Keselamatan itu bukan hanya untuk kita sendiri, tetapi orang yang menerima keselamatan bertanggungjawab untuk memberikan kesaksian agar orang lain ikut dalam memuliakan Allah.

Di dalam bersekutu orang yang percaya hidup dalam satu komunitas yang saling menolong, saling memperhatikan, saling meneguhkan agar bertumbuh bersama di dalam Yesus Kristus. Selain bersekutu orang percaya bersama-sama bersaksi (bermarturia) dan melayani (berdiakonia). Inilah yang lazim disebut tritugas panggilan gereja.

- Gereja sebagai persekutuan karena Yesus membentuk muridnya hidup dalam persekutuan.
- Gereja sebagai persekutuan karena kita adalah hidup dalam persaudaraan
- Gereja sebagai persekutuan karena kita adalah anggota keluarga Allah

Sahabat yang baik hati! Jangan tinggalkan persekutuan dan pertemuan jemaat merupakan pesan penting bagi kita. Ada orang yang tidak setia lagi di gerejanya, karena hanya ingin mendapatkan sesuatu, mendapatkan korban yang enak baginya dan yang dianggap dapat membangun imannya. Itu bagus. Gereja sebagai persekutuan justru kita harus menjadi berkat bagi orang lain, kehadiran kita menjadi kesaksian bagi yang lain, yang menolong dan meneguhkan orang lain. Dalam persekutuan kita bukan hanya dilayani tetapi ambil bagian untuk melayani membangun sesama agar bersama-sama bertumbuh di dalam Yesus Kristus. Nas ini mengajak kita ikutlah dalam semua proses pertemuan jemaat di mana anda bergereja, dalam kehadiran dan partisipasi kita di dalam persekutuan kita dibentuk menjadi warga Kristen yang sesungguhnya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...