Selasa, 11 Desember 2018

TUHAN AKAN DATANG DALAM KEMULIAANNYA

TUHAN AKAN DATANG DALAM KEMULIAANNYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita dalam melakukan aktifitas. Rabu, 12/12/2018

Lukas 21:27 (TB)  Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Luke 21:27 (RSV)  And then they will see the Son of man coming in a cloud with power and great glory.

Masa advent adalah masa penantian, tepatnya penantian Kristus yang telah datang dan yang akan datang. Mengapa disebut menantikan yang telah datang dan yang akan datang? Karena demikianlah adanya Kristus telah datang dan akan datang.

Pertama, Kristus telah datang ke dunia ini menyelamatkan manusia sebagaimana nubuatan para nabi. KedatanganNya yang pertama: Dia hadir sebagai manusia dan mengambil rupa seorang hamba dan dalam kehinaan (humaliation). Itulah yang kita kenang dalam setiap Natal: mengenang Yesus yang lahir di kadang Bethlehem. Kristus telah datang kedunia ini sekalipun dunia ini menolakNya. Kristus menebus kita dari pelanggaran, Adam yang dikeluarkan dari Firdaus Tuhan karena Dosa, namun oleh kasih karunia di dalam Yesus Kristus kita memperoleh anugerah dan dibenarkan di hadapan Allah. Dalam menebus Dosa dunia ini, Dia menderita sengsara, disalibkan, mati dan dikuburkan. Pada hari yang ketiga bangkit dari kematian, naik ke Sorga,  duduk  di sebelah  Kanaan Allah Bapa, menyediakan  tempat bagi orang yang percaya kepadaNya.

KedatanganNya yang kedua dalam bentuk kemuliaan (doxa, glorified) atau Tuhan yang dimuliakan.  Tuhan akan datang dalam.awan-awan. Kedatangan yang kedua ini menjadi pemenuhan seluruh pengharapan orang percaya. Berakhirnya kekuasaan dan kemuliaan raja bangsa-banhsa karena Kristus telah menjadi raja. Ia memerintah dengan adil, penuh kemuliaan.

Kini kita menantikan kedatangan Kristus dalam kemuliaan untuk membawa orang percaya memasuki Kerajaan Allah, yaitu kehidupan yang kekal. KedatanganNya akan mengakhiri segala ratap dan tangis, tak seorang pun merasakan haus dan lapar, tak ada lagi penderitaan. Semua orang percaya akan memuji dan memuliakan Allah yang Agung.

Orang akan melihat Anak Manusia dalam kemuliaan. Disini tersimpan makna bahwa orang yang selama ini mengalami penderitaan oleh penindasan kekuasaan Romawi, tidak akan lama lagi, segala kekuasaan raja-raja di dunia ini. Waktunya akan tiba Tuhan akan datang dalam kemuliaan. Kemudiaan Tuhan akan mengakhiri segala kekuasaan Dunia, bahkan Anak Manusia akan menghakimi segala bangsa-bangsa.

Sahabat yang baik hati, dalam minggu Advent, and ini mengingatkan kita agar tetap berpengharapan menunggu kedatangan Kristus dalam kemuliaan. KedatanganNya dalam kemuliaan akan membawa kita dari segala derita yang kita alami agar ikut beraama-sama dalam kemuliaan Allah di kehidupan yang kekal. Mari syukuri keselamatan di dalam Kristus dengan siaga dan berjaga-jaga menantikan kedatangan Kristus di dalam kemuliaanNya. Selamat advent, datanglah ya Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...