Minggu, 02 Desember 2018

LIHAT RAJAMI DATANG

LIHAT RAJAMU DATANG!

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan bagi kita, inspirasi dan motivasi bagi kita.  Senin,03/12/2018

Zakharia 9:9b (TB) Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Zechariah 9:9b (RSV)  Lo, your king comes to you; triumphant and victorious is he, humble and riding on an ass, on a colt the foal of an ass.

Selamat Advent, mari songsong Tuhan dalam hidup ini dengan penuh semangat dan gembira.  Kita telah maemasuki minggu advent, jika anda kebaktian minggu tentu ada sesuatu yang berbeda di altarbdari minggu sebelumnya, yaitu: menyalakan lilin Advent Pertama. Itu pertanda kita sudah memasuki masa-masa penantian Mesias, Raja Alam semesta yang segera hadir di tengah-tengah umatNya.

Dalam renungan pagi ini ada hal yang sangat menarik dalam pemberitaan nabi  Zakaria tentang Mesias yang kita tunggu di Advent Pertama ini, Raja yang kita tinggi itu sungguh lain dari pada raja-raja dunia ini, yaitu:

Pertama, Lihatlah Rajamu datang!  Raja yang kita songsong itu adalah memiliki sesuatu yang berbeda dengan penguasa dunia umumnya. Biasanya rakyat yang datang menyampaikan permohonan kepada raja yang duduk di singgasana Istana Kerajaan. Namun  Mesias yang dinantikan ini adalah raja yang sangat merakyat, tidak menunggu orang datang keistananya namun Raja sendiri yang datang menjumpai, menyapa dan melihat apa yang penting bagi mereka. Jika kita mengenal kata blusukan, istilah ini dapat juga kita samakan sebagaimana di sebutkan oleh Zakaria. Raja ini bukan membebani rakyat dengan upeti yang harus dibanyarkan oleh rakyat, namun Mesias hadir mengambil beban penderitaan umatNya.

Kedua, lemah lembut! Umumnya orang akan berpikir bahwa raja adalah gagah, teguh dan kokoh. Raja sering digambarkan sebagai penguasa yang tidak mengenal ampun atas terbitnya titah. Sekali raja bertitah tak akan dapat ditarik kembali. Raja atau penguasa dunia digambarkan sebagai sosok yang memiliki kuasa. Namun raja yang kita tunggu dan nantikan ini adalah raja yang lemah lembut,  penuh kasih, mengampuni dan pembawa damai.

Ketiga, mengenderai keledai muda. Raja biasanya akan duduk menunggangi kuda sebagai lambang kebesaran kerajaan,  kegagahan, kecepatan dan ketangkasan dalam peperangan. Kuda yang gagah akan selalu membawa kemenangan bagi raja. Namun raja yang kita nantikan ini adalah raja yang duduk diatas keledai. Keledai yang berjalan lambat, sehingga siapapun dapat menyapa dan menyalaminya. Raja yang kita nantikan ini bukanlah pembawa pasukan berkuda untuk berperang, tetapi dia menunggangi keledai, merakyat, penuh kedamaian dan ketentraman.

Nubuatan Zakaria ini digenapi di dalam diri Yesus Kristus. Dia hadir ke dunia ini untuk menyelamatkan umatNya. Dalam seluruh pelayanannya Yesus dengan penuh cinta kasih dan lemah lembut mengajar dan mengajak orang melakukan kehendak Allah.   Ketika memasuki Jerusalem yang disebut palmarum: Yesus menaiki keledai dan seluruh umat itu berseru: Hosana... Hosana bagi Anak Daud!

Sahabat yang baik hati! Menyambut Yesus di masa Advent ini janganlah seperti masa palmarum, berseru Hosana, Hosanna namun besoknya mereka berseru salibkan Dia, Salibkan Dia.
Mari persiapkan  diri menyongsong Tuhan dengan mempersiapkan diri menyongsong Yesus Kristus dengan penuh kesetiaan. Dia datang mau mengambil beban kita, Dia rendah hati, lemah lembut dan pendamai. Di minggu-minggu advent ini dalam semua kesibukan kita jangan lupa akan Tuhan. Tuhan segera datang dan tidak perlu membuat sambutan dengan meriah, tapi cukup dengan hati terbuka dan hati tulus. Menyambut Kristus dengan meneladani Tuhan Yesus yang lemah lembut dan menghadirkan damai sejahtera.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara.  Amin

Salam: Pdt Nekson M Simjnuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...