Senin, 17 Desember 2018

TAK BERCACAT HINGGA AKHIR

*TAK BERCACAT HINGGA AKHIR*

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 18/12/2018

1 Korintus 1:8 (TB)  Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

1 Corinthians 1:8 (RSV)  who will sustain you to the end, guiltless in the day of our Lord Jesus Christ.

Hari ini sudah memasuki hari ke 18 di Bulan Desember, kita sudah memasuki Advent ke III dan sebentar lagi akan Natal.  Saya kurang tahu berapa banyak barang yang sudah anda beli untuk keperluan advent natal seperti: pakaian atau sepatu atau kelengkapan lainnya baik itu untuk anda sendiri atau mungkin bagi anak atau keluarga.  Perlu anda tahu bahwa sebelum pakaian atau sepatu yang dikemas dan dipasarkan, barang tersebut dahulu lulus dari satu unit kerja yang disebut dengan kendali mutu. Mungkin di berbagai perusahaan namanya berbeda-beda namun spesifik unit kerja yang memeriksa dan meneliti barang yang dihasilkan jangan sampai ada barang yang cacat terjual ke pasar dengan mereka perusahaan. Jika itu ditemukan akan disortir dan tak ikut dipasarkan. Perusahaan-perusahaan besar dan ternama ini sangat ketat, jangan sampai ada barang yang mereka jual dipasar ditemukan bercacat yang mengurangi nama baik perusahaan demikianlah suatu perusahaan menjaga dan memelihara kualitas produksi mereka.  Saya yakin anda pasti akan kecewa berat jika barang yang anda beli memiliki cacat. Anda akan segera kembali ke toko untuk menggantikannya.

Sahabat yang baik hati! Jika dalam suatu perusahaan mengawasi kualitas produk mereka lewat uji kendali mutu maka terlebih juga dalam hal iman. Paulus menegaskan agar seluruh jemaat kuat dan menjaga kualitas imannya masing-masing menunggu kedatangan Kristus. Jangan sampai pada saat kedatangan Tuhan mereka ditemukan hidup bercacat. Dalam PL  bercacat berkaitan dengan istilah ibadah.  Setiap orang Yahudi diwajibkan mempersembahkan korban berupa ternak namun kurban itu harus baik adanya jangan yang bercacat (baca Imamat 22:21).

"tak bercacat pada hari Tuhan" suatu ajakan yang sangat penting agar setiap jemaat menyadari bahwa Tuhan telah menyelamatkan mereka dari dosa. Tuhan telah memperdamaikan hubungan manusia yang rusak terhadap Tuhan, sesama dan alam. Tuhan telah mengembalikan citra manusia yang segambar dengan rupa Allah melalui pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Maka dalam mempersiapkan diri menyongsong Tuhan harus kuat dan teguh di dalam iman serta memelihara diri agar tak bercacat sampai kedatangan Kristus

Mungkin sontak kita akan berkata, mungkin aku tidak bercacat di hadapan Tuhan? Tak mungkin kita tak berdosa, maka layakkah kita ikut dalam penantian Kristus ini?  Bagi Paulus justru itulah yang kehendak disampaikan bahwa kita adalah orang berdosa, namun Kristus telah menguduskan dan menyucikan kita melalui pengorbananNya di kayu salib. Sebagai manusia kita juga tetap berdosa, hari-hari yang kita lalui selalu bersentuhan dengan dosa. Maka setiap saat kita harus datang kepada Tuhan membawa kata penyesalan dan memohon pengampun. Tuhan mengampuni dan menghapuskan dosa kita agar kita tidak bercacat dihadapan Allah. Sekalipun kita tidak sempurna tetapi telah disempurnakan oleh Kristus. Sekalipun kita tidak layak namun telah dilayakkan Kriatus, sekalipun kita bernoda oleh dosa namun Kristus telah menguduskannya. Oleh penebusan  Kristus kita telah dibenarkan dihadapan Allah.

Sahabat yang baik hati! Di minggu advent ini mari jaga kualitas iman kita, tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki advent keempat. Kesempatan masih ada untuk membawa segala noda dan pelanggaran kita.

Mari kita nyanyikan KJ No 35:1
Tercurah darah Tuhanku di bukit Golgata
Yang mau bertobat ditebus
Terhapus dosanya, terhapus dosanya
Yang mau bertobat ditebus
Terhapus dosanya

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...