Rabu, 26 Desember 2018

BANGKITLAH DAN BERSINARLAH

Kotbah Natal II, 26 Des 2018
Nas Yes 60:1-5

*BANGKITLAH ! KEMULIAAN TUHAN TERBIT ATASMU*

Selamat Natal II! Sahabat yang baik hati, pastikan di Pesta Natal II ini masih tetap terpelihara spirit natal. Sebagai pendeta saya memperhatikan pada pesta II ibadah sepi dihadiri jemaat. Padahal pesta II moment penting untuk merefleksikan apa yang akan kita lakukan setelah peristiwa natal. Sehingga Natal itu mengubah hidup kita. Dalam kotbah ini ada seruan untuk bangkit dan penuh semangat.

Anda pasti sependapat dengan saya bahwa sikap hidup yang optimis pasti lebih menghasilkan kehidupan yang produktif dari pada sikap yang pesimis. Dalam sikap optimis orang berpikir akan peluang-peluang dan ruang-ruang kesempatan yang hendak ditempuh menuju keberhasilan, sikap optimis ibarat energi yang menggerakkan potensi seseorang untuk bekerja keras. Sebaliknya sikap pesimis akan selalu membuat alibi dan membenarkan diri tak berbuat apa-apa.

Kotbah Natal II ini mendorong umat Allah  sukacita karena Tuhan memulangkan mereka, dulu di pengasingan kini kembali. Kota yang lama mereka tinggalkan karena terbuang selama 70 tahun di Babel. Bagaimana menatanya dan  memulai membangunnya  karena kota yang sudah menjadi puing-puing korban perang.

Firman Tuhan melalui nabi Yesya berseru: bangkitlah dan menjadi teranglah karena kemuliaan Tuhan telah kembali ke Sion. Kita memperoleh pemulihan dan Tuhan akan menjadikan mereka menjadi bangsa yang besar, mulia dan bersahaja.

01. Bangkit dari keterpurukan.
Tuhan telah memberikan kebebasan dari pembuangan kembali ke tanah air.
Bangkitlah dan menjadi teranglah menjadi motivasi bagi seluruh umat yang kembali ke Sion. Tuhan bekerja bahkan telah mendahului umatnya tentang apa yang hendak dikerjakan. Jika kita baca ayat berikutnya Tuhan akan memgumpulkan seluruh umatnya dari segala penjuru mata angin. Bukan hanya itu bahkan Tuhan telah memerintahkan bangsa-bangsa untuk datang ke Sion. Jadi tidak ada gunanya pesimis dan meratapi keadaan tetapi ikutlah menjadi motivator untuk menggerakkan semangat umat Allah membangun dan menata kembali Sion.

02  Kemuliaan Tuhan terbit atasmu.
Ini suatu kalimat yang sangat memotivasi mereka bahwa mereka bukanlah budak yang hina di pembuangan atau mental budak, tetapi Anak-anak Allah, mental pribadi umat pilihan Allah dan kemuliaan Tuhan bersinar di wajah-wajah mereka yang telah memperoleh kasih karunia. Kemuliaan Tuhan terbit atas pribadi-pribadi yang bersahaja yang menghasilkan budi baik dan produktifitas hidupnya yang menginspirasi dan menyinari kehidupan di sekitarnya.

Bukan hanya itu, Bait Allah yang telah dihancurkan oleh raja Babelon akan dibangun kembali. Sion yang tinggal puing akan segera dibangun kembali. Kemuliaan Tuhan kembali bersinar  di Kota Daud. Dulu orang meninggalkannya setelah itu dibangun akan banyak yang berdatangan dan berduyun-duyun ke kota Daud.

Sahabat yang baik hati! Kemuliaan Tuhan telah terbit atas kita yang menerima Yesus sebagai Yuruselamat, yang telah lahir di Betlehem kota Daud. "Bethe-lehem" artinya "Kota roti", Kristus hadir untuk menyediakan roti kehidupan bagi umat manusia. Yesus yang hadir di Betlehem memulihkan citra rupa Allah yang telah rusak karena kejatuhan manusia dalam dosa. Setiap orang berdosa, malu dan takut memenuhi panggilan Allah. Di dalam Kristus kita telah dipulihkan. Kelahiran Yesus Kristus, peristiwa Allah memulihkan kita hidup di dalam kasih karunia Allah. Jangan bersembunyi dalam dosa lagi seperti Adam yang takut mendengar panggilan Allah menyebut namanya?  Namun bangkitlah, Yesus telah datang ke dunia menebus kita dari dosa dan pelanggaran. Tuhan hendak memakai kita menjadi terang dan berkat bagi bangsa-bangsa.

Natal II  mendorong kita untuk tetap menjadi pribadi yang bersahaja memancarkan sinar terang yang menerangi kehidupan yang dilingkupi kegelapan. Dengan sinar kemulian Allah yang terpancar dari setiap pribadi akan menerangi dunia ini menjadi dunia yang lebih baik. Jadilah pribadi yang bersahaja karena kemuliaan Tuhan telah terbit atasmu.

Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda.  Amin

Salam : Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...