Kamis, 27 Desember 2018

MENGANDALKAN KEKUATAN TUHAN

MENGANDALKAN KEKUATAN TUHAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat 28/12/2018.

Mazmur 105:4 (TB)  Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!

Psalms 105:4 (RSV)  Seek the LORD and his strength, seek his presence continually!

Seorang peneliti Amerika bernama Lee Tibbetts  menjelaskan bahwa burung Godwit merupakan salah satu hewan yang memiliki kekuatan terbang paling tinggi. Dalam setiap pergantian musim burung ini dapat melakukan perjalanan tahunan mencapai 30.000 km. Perjalanan ini ditempuh dalam tiga kali penerbangan non-stop selama 20 hari."  Tiga tahap terbang ini dimulai dari Selandia Baru ke Australia timur, dari Australia timur ke Asia, dari Asia ke Alaska, dan dari Alaska kembali ke Selandia Baru, kata Tibbetts. "Yang terjauh adalah saat terbang dari Alaska ke Selandia baru. Jaraknya 11.800 km." Itulah perjuangan burung Godwit demi mempertahankan hidup. Sungguh merupakan kekuatan yang maha dahsyat sebagai inspirasi bagi kita berjuang hidup memiliki kekuatan.

Maka pertanyaan bagaimana dengan orang percaya apakah kekuatannya menghadapi tantangan hidup ini? Habis Amos berseru: "carilah Tuhan maka kamu akan hidup" (Amos 5:6)

Mazmur 105 menguraikan Mazmur yang sangat indah, bahwa dalam sejarah umat Allah sungguh berbahagia dan bersuka hati orang yang mencari Tuhan dalam hidupnya. Sejarah bangsa Israel membuktikan bahwa menang dalam hidup ini bukanlah yang mengandalkan otot dan otak serta kemampuan diri sendiri tetapi yang mengandalkan Tuhan. Itu nyata dalam pengalaman bangsa Israel. Lihatlah siapakah Musa berhadapan dengan Firaun Siapakah Daud dihadapan Goliat dan masih banyak lagi contoh yang kita temukan dalam Alkitab dan hidup beriman membuktikan orang yang mengandalkan kekuatan yang memenangkan kehidupan ini.

Pengalaman sejarah demikianlah Mazmur ini  mengajak umat Allah untuk selalu mencari Tuhan dan kekuatanNya. Kemampuan manusia sangat terbatas, analisis lita untuk memastikan apa yang kita butuhkan sering meleset, tantangan demi tantangan akan terus menimpa. Satu-satunya jalan yang memwastikan kita hidup adalah mengandalkan kekuatan Tuhan. Kekauatan Tuhan akan menolong kita melampaui dan mengatasi masalah yang kita dihadapi.

Carilah wajah-Nya selalu! Wajah dalam bahasa Ibrani "phanei" kata ini dipakai dalam Bilangan 6:24-27 tentang berkat imam. Bilangan 6:24-26 (TB)  TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;  TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;  TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Wajah Tuhan disini adalah penyertaan dan berkat: memperolehnlasih karunia dan damai sejahtera.

Sahabat yang baik hati! Jika burung Godwit memiliki kemampuan terbang mencari kebutuhannya terancam punah padahal berapakah jumlah makanan yang mereka butuhkan? Manusia yang memiliki multi kebutuhan akan menghadapi tantang yang multi juga. Otot dan otak kita tak cukup membuat kita bertahan hidup. Hanya dengan mencari Tuhan, mengandalkan kekuatanNya dan mencari wajahnya kita akan sentosa. Jadilah pribadi yang mengandalkan Tuhan dalam segala perjalanan hidup ini.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda.  Amin

Salam:Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...