Rabu, 12 Desember 2018

PULANG DENGAN SUKACITA

*PULANG DENGAN SUKACITA*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi  bagi kita.  Kamis, 13/12/2018

Yesaya 35:10 (TB)  dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Isaiah 35:10 (RSV)  And the ransomed of the LORD shall return, and come to Zion with singing; everlasting joy shall be upon their heads; they shall obtain joy and gladness, and sorrow and sighing shall flee away.

Setiap memasuki bulan Desember seperti saat  ini ada kerinduan tersendiri bagi orang Batak.  Orang tua yang tinggal di Bona Pasogit (kampung halaman) pasti rindu dan berharap  anak-anak dan cucu  bisa kumpul bersama merayakan natal dan tahun baru. Kerinduan itu juga dirasakan oleh setiap orang Batak di Perantauan. Jika ada waktu dan kesempatan pasti akan pulang, memuaskan rindu atas kampung halaman, mengingat masa  kecil, memori indah dan segala apa yang telah terekam di dalam alam sadar dan dibawah alam sadar.

Kerinduan orang Batak pulang ke kampung halaman digubah dalam betuk lagu yang indah: O Tano Batak, lagu ini mengisahkan begitu rindunya seorang Batak ke Bonapasogit. Karat orang meradang rindu lebih dari itu  kerinduan orang Batak pulang ke kampung.  Bahkan lebihbdlaam disebut senagai "Sambulo". Sambulo artinya tujuan akhir dari segala perjalanan hidup di dunia  ini. Seperti perahu yang berlayar menuju pelabuhan. Demikianlah seluruh perjalanan hidup ini akan berlabuh. Kerinduan ke Bona Pasogit dibuktikan dengan banyak pesan orang di perantauan, kelak jika  dia meninggal jasadnya dibawa ke Bona Pasogit. 

Jika orang Batak rindu pulang ke Bona Pasogit, maka lebih lagi Bangsa Israel. Mereka setiap tahun diwajibkan pulang dan berziarah ke Yerusalem merayakan Paskah.  Yerusalem atas seeing juga disebut dengan Sion bagi mereka adalah  kota Tuhan makanya disebut kota suci, Sion adalah kota yang dibangun Daud menyatukan keduabelas suku Israel. Yerusalem adalah pusat Ibadah, Yerusalem adalah pusat pemerintahan.  Kanaan adalah Bonapasogit mereka, tanah yang dijanjikan oleh Allah sejak leluhur Abraham, Ishak dan Yakub. Kanaan adalah tempat yang disediakan Allah untuk umatNya. Di luar dari itu bagi mereka adalah tanah perantauan sementara.

Pemahaman tentang Bona Pasogit seperti itu dapat kita bayangkan bagaimana meradangnya kerinduan mereka ke Sion, terlebih ketika mereka berada dalam pembuangan sebagainorang asing. Sudah terasing tapi juga menjadi pekerja paksa yang ditindas oleh Babelonia. Di pembuangan Babel inilah lahir pengharapan Mesianis.

Pengharapan Mesianis adalah penantian pembebasan umat Allah dari pembuangan oleh seorang yang diurapi Allah (masiah). Mesias akan memenuhi pengharapan mereka dan membawa  mereka kembali ke Yerusalem. Mereka akan penuh sukacita, bergirang dan penuh sorak-sorai. (Band Zakaria 9:9). Sorak-sorai mereka melebihi sukacita merayakan seorang pahlawan yang memenangkan pertempunan, penuh riang dan gembira, sukacita dan bahagia. Dari mulut mereka keluar puji-pujian dan mazmur kegirangan. Kegirangan ini terjadi karena Tuhan telah melakukan perbuatan besar kepada umatNya.

Sahabat yang baik hati! Apa yang menarik disini dalam minggu Advent ini? Tuhan menjawab kerinduan umatNya, apa yangbtelah nantikan dan harapkan diberikan Tuhan. Bangsa Israel kembali ke Yerusalem setelah 70 tahun dalam pembuamgan. Sungguh merupakan penantian yang panjang. Demikianlah dengan segala kerinduan dan impuannkita saat ini, di masa Advent ini tetaplah menantikan Tuhan dan berharap padanya. Siapa tahu apa yang anda impikan belum terjawab di tahun 2018 ini yang tinggal dua minggu lagi. Trtaplah berharap kepada Tuhan, Dia akan akan menjawab kerinduan kita dan memberikan yang terbaik seturut kehendaknya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...