Senin, 10 Desember 2018

HIDUP AMAN DAN TENANG

*HIDUP AMAN DAN TENANG*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa 11/12/2018

Yeremia 46:27 (TB)  Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, janganlah gentar, hai Israel! Sebab sesungguhnya, Aku menyelamatkan engkau dari tempat jauh dan keturunanmu dari negeri pembuangan mereka. Yakub akan kembali dan hidup tenang dan aman, dengan tidak ada yang mengejutkan.

Jeremiah 46:27 (RSV)  "But fear not, O Jacob my servant, nor be dismayed, O Israel; for lo, I will save you from afar, and your offspring from the land of their captivity. Jacob shall return and have quiet and ease, and none shall make him afraid.

Seandainya  kita disuruh untuk menggambarkan bagaimanakah hidup yang tenang dan aman itu menurut anda? Mungkinakan beragam pendapat: ada yang mengutamakan susana damai, benas gangguan dan tekanan, hidup bahagia, berkecukupan dll. Namun paling bahagia dari semua itu adalah kita terlindungi dari kesusahan yang menyesakkan dan tersedia  jalan keluar dari pergumulan.

Silahkan impikan hidup tenang, aman dan bahagia, saat ini Tuhan hendak memberikannya bagi kita sebagaimana bangsa Israel mendapatkan penghiburan dan peneguhan dalam suasana pembuangan. Mereka tertekan dan bergelut dengan berbagai persoalan hidup di negeri asing, Tuhan memberitahukan rencanaNya: Jakob akan tenang dan aman.

Jakob adalah anak Ishak yang diberkati Tuhan. Jakob berganti nama menjadi Israel setelah bergulat dengan Tuhan ketika menyeberang di sungai Yabok (Key 32:22). Dia memiliki dua belas yang menjadi suku-suku Israel. Mereka diberkati Tuhan dengan berkat bagi dunia DNA menjadi bangsa yang besar. Perjalanan bangsa Israel memiliki dinamika yang panjang, puncak kejayaan Israel Ada pada Salomo, setelah itu terbelah dua menjadi dua Kerajaan: Israel Utara  (Samaria) dan Israel Selatan (Yehuda). Apa yang terjadi Israel Utara ditahlukkannoleh Assyur Tahun 720SM dan Israel Selatan (Yehuda) ditahlukkan Babelonia Tahun 653SM. Seluruh mendisik Yerusalem terbuang ke Babel? Anak-anak Yakub dalammkedua kerajaan itu hancur berkeping dan merasa dalam pembuangan. Adalah masa Depan Israel atau anak-anak Yakub?

Yakub akan kembali hidup tenang dan aman. Itulah janji yang Tuhan sampaikan meneguhkan umatNya yang merana di pembuangan. Dalam kehampaan dan kekuasaan titik terbang akan masa depan mereka. Tuhan datang dan meneguhkan mereka Yakub akan kembali hidup tenang Dan amang. Tenang tidak aka  Ada lagi kesusahan, rodi atau kerja paksa serta tidak ada lagi kesewenangan mereka akan memiliki hak hidup masing-masing. Akan bersrti tidak Ada perang, tak ada yang merasa terancam namun setiap orang dapat hidup bahagia menikmati kasih karunia Tuhan. Apa yang mereka impikan dalam hidup akan diberikan Tuhan; menjadi bangsa yang diberkati Tuhan, umat pilihan dan penuh damai sejahtera.

Tuhan akan memulihkan Yakub, mereka akan segera meninggalkan pembuangan Babel. Mereka kembali membangun kota mereka, menjadi bangsa yang merdeka dan Vegas dari setiap tekanan bangsa asing.

Sahabat yang baik hati! Inilah yang harus kita sadari dalam hidup ini. Terkadang kita memikirkan apa yang kebahagiaan diri kita dengan mengandalkan diri kita. Apa yang kita dapatkan kesusahan demi kesusahan.  Ada orang mengalami masalah dengan mencarinketenangan sesaat, namun apa yang terjadi bukan ketenangan yangbdidapat namun semakin gaduh. Firman ini menyatakan ketenangan dan kenyamanan ada pada Tuhan. Syukurlah kepada Tuhan di masa advent ini kita menantikan Tuhan Yesus yang akan memberikan hidup yang tenang dan akan bagi kita.  Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara.  Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...