Minggu, 10 Desember 2017

TUHAN MEMBERKATI ENGKAU

TUHAN MEMBERKATI DAN MELINDUNGI

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah gunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin, 11/12/2017

Bilangan 6:24 (TB)  TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

Numbers 6:24 (RSV)  The LORD bless you and keep you:

Teks renungan di pagi hari adalah bahagian dari rumusan berkat imam yang disampaikan oleh imam kepada setiap umat yang beribadah. Selengkapnya rumusan berkat ini adalah: Bilangan 6:24-26 (TB)  TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Rumusan berkat ini hanya disampaikan oleh imam karena dalam Perjanjian Lama imamlah yang ditetapkan sebagai perantara (mediator) Allah menyampaikan pesan, firman dan berkat bagi umatNya.  Imam juga sebagai perantara umat menyampaikan permohonan kepada Allah atas doa dan korban-korban persembahan mereka. Ketika umat datang beribadah, menyampaikan korban persembahan dan doa permohonan, maka sebelum berangkat pulang mereka menerima berkat sebagai suatu kepastian Tuhan mendengarkan doa dan memberi berkat dan perlindungan  bagi setiap orang yang memohon kepadaNya.

Tuhan memberkati Engkau! Ini adalah suatu kepastian bahwa Tuhan adalah sumber berkat dalam hidup ini. Tidak ada sumber lain, hanya Tuhan sumber segala kebaikan dan segala yang mendatangkan kebahagiaan bagi umatNya.  Tuhan itu baik dan berkenan memberkati setiap orang yang datang kepadaNya.

Tuhan melindungi Engkau! Perlindungan sangat penting bagi umat Allah ketika mereka berjalan di gurun pasir. Tiada kepastian tanda-tanda kehidupan. Bisa saja sepanjang perjalan  dalam gurun pasir tidak ada air, tidak ada perteduhan atas terik dan badai gurun. Selain cuaca, di padang gurun harus berhadapan dengan serangan berbahaya dari binatang berbisa dan binatang buas. Disnilah ada kelegaan dan kepastian bahwa Tuhan melindungi umatnya dalam setiap perjalanan hidup mereka. Tuhan melindungi umatNya dalam setiap rencana dan pekerjaan yang dilakukan dalam hidupnya, dalam pekerjaan dan dalam keluarga.

Tuhan menyinari WajahNya! Wajah Tuhan adalah simbol kehadiran Allah, kemuliaan dan kemahaagungan Allah. Orang yang disinari oleh wakah Tuhan akan memperoleh kasih karunia. Segala tantangan akan tersisih di jalan orang hang disinari oleh wajah Allah. Bandinglanlah misalnya permohona Musa kepada Tuhan.
Keluaran 33:13-14 (TB)  Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu." Lalu Ia berfirman: "Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu."
2 Musa 33:13-14 (TOBA)  Nuaeng pe, molo tutu naung jumpangan asi ni roha ahu maradophon Ho, ua pabotohon ma tu ahu dalanmu, asa tung tangkas Ho hutanda, paboa naung jumpangan asi ni roha ahu maradophon Ho; jala ida ma parripem do bangso on.
Dung i ninna Jahowa ma: Ingkon Bohingku donganmu mardalan, asa hutogihon ho tu hasonangan.

Jika kita baca dalam teks bahasa Batak itu sangat dengan dengan terjemahan aslinya: Ingkon bohingKu (Wajah Tuhan) menyertai perjalanan umatNya.

Tuhan menghadapkan wajahNya kepadamu dan memberi damai sejahtera! Dalam rumusan berkat ini disebutkan Tuhan menghadapkan wajahNya kepada kita. Ini suatu keagungan bagi orang yang mendapat berkat, bahwa kita akan bertemu muka wajah dengan wajah dengan Tuhan yang maha mulia dengan kita umat berdosa.   Teks ini juga bahagian dari pengharapan umat percaya wajah ke wajah dengan Tuhan dalam kemuliaan Allah.

Sahabat yang baik hati! Hari ini kita memperoleh sukacita karena jaminan berkat dari Tuhan. Pernyataan langsung dari firman Tuhan kepada kita yang berkenan memberkati kita semua dalam semua aktifitas yang kita lakukan. Tuhan melindungi kita dalam setiap berjalan dan usaha kita masig-masing.

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...