Selasa, 19 Desember 2017

MIMPI YANG MERISAUKAN

MIMPI YANG MERISAUKAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 20/12/2017

Daniel 2:28 (TB)  Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia,
Daniel 2:28 (RSV)  but there is a God in heaven who reveals mysteries,

Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi, namun tak semua orang mengingat mimpinya ketika bangun pagi mimpi berlalu dibawa malam gelap. Sinar mentari pagi perlahan mengubah gelapnya malam dan manusia pun memasuki dunia real dan melakukan pekerjaannya. Namun ada juga mimpi yang kita ingat dan terbawa dalam pikiran, seolah penasaran ada apa dengan mimpinya. Dalam masyarakat umum ada mimpi berupa peringatan atau pemberitahuan. Hingga kini banyak orang meyakini jika seorang gadis mimpi digigit ular atau binatang berbisa katanya mau dapat jodoh. Ada juga pemahaman jika bermimpi: gigi copot, itu pertanda buruk ada keluarga dekat yang mau meninggal. Semua itu bisa ya dan bisa bukan. Jangan terlalu dibawa dalam pikiran. Mimpi just mimpi. Hidup yang kita jalani adalah hidup yang real. Seandainya pun ada yang membuat kita gelisah dan gusar jangan panik, berdoalah kiranya Tuhan menyingkapkan rahasia kehidupan yang kita  alami.

Ayat renungan pagi ini merupakan pesan Daniel kepada Nebukadnezar yang mengalami suatu mimpi yang merisaukan dirinya. Nebukadnezar bukan hanya risau, tetapi telah membuat dia tidak bisa tidur. Anehnya mimpi yang dia alami tidak diingat persis, namun telah membuat gusar, gelisah dan tidak tidur. Dia marah dan geram karena seluruh cerdik pandai di negeri itu telah dikumpulkan namun tak satupun yang mengetahui apa mimpi raja dan maksudnya? Dalam kegelisahan dan kegundahannya yang luar biasa itu,  Daniel tampil, dia orang Yahudi yang bekerja di istana.  Daniel seorang dari bani Israel yang dijajah oleh Babelonia. Dalam banyak hal Daniel memperoleh tekanan dari rekan sekerjanya di istana bahkan dia harus beberapa kali difitnah namun karena pertolongan Tuhan, Daniel selamat.

Kembali kepada mimpi yang merisaukan itu. Daniel pun dipanggil ke hadapan sang raja agar menyingkapkan rahasia mimpi Nebukadnezar dan artinya. Atas petunjuk Tuhan sebelumnya, Daniel menceritakan apa adanya dihadapan Nebukadnezar. Dia menjelaskan bahwa Allah yang dia sembah dan pujilah yang menyingkapkan segala rahasia dan dari Dialah juga Daniel mendapatkan apa mimpi raja Nebukadnezar dan maksudnya. Daniel menuturkan bahwa Nebukadnezar melihat patung yang tinggi dan besar, kepalanya terbuat dari emas dan dan tangan terbuat dari perak dan tembaga dan kakinya terbuat dari besi dan tanah liat. Maksud mimpi itu adalah Nebukadnezar diberi kerajaan yang maha tinggi, kemuliaan, kekuasaan, dan kekuatan, namun batu yang terungkit yang menimpa patung itu dan merobohkan patung, itu pertanda akan ada waktunya bahwa kerajaannya akan tahluk dan terkeping-keping itulah campuran besi dan tanah liat; gambaran kerapuhan dan kelemahan.

Apa yang disampaikan oleh Daniel sungguh, membuat Nebukadnezar takjub dan persis seperti yang dia alaminya. Mimpi itu benar dan sekaligus peringatan bagi Nebukadnezar. Kerisauan dan kegelisahannya lengkap sudah. Nebukadnezar sangat sayang pada Daniel dan memuji dan membesarkan nama Allah Daniel yang meyingkapkan segala rahasia kehidupan.

Sahabat yang baik hati! Banyak implikasi yang kita dapatkan dari kehadiran Daniel di Istana Nebukadnezar menyingkapkan rasia mimpi raja. Kesetiaan Daniel, pelajaran akan jatuhnya kesombongan Nebukadnezar dan pemeliharaan Tuhan atas orang yang setia. Ini pula yang menjadi sapaan rohani di pagi hari ini jangan takut dan gelisah, yakinlah akan pemeliharaan Tuhan atas diri orang percaya. Allah yang meyingkapkan segala rahasia lewat Daniel. Renungan di pagi ini mengingatkan kita bahwa begitu banyak misteri kehidupan ini yang tidak kita ketahui bahkan apa yang gerjadi esok juga kita tidak tahu. Jangan risau dan gelisah, jalani bersama Tuhan.  Tuhan akan membuka jalan dan Tuhan akan menyertai  kita.


#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...