Selasa, 26 Desember 2017

PENGHUKUMANNYA ATAS SELURUH BUMI

PENGHUKUMANNYA ATAS SELURUH BUMI

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah gunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 27/12/2017

Mazmur 105:7 (TB)  Dialah TUHAN, Allah kita, di seluruh bumi berlaku penghukuman-Nya.

Psalms 105:7 (RSV)  He is the LORD our God; his judgments are in all the earth.

Satu hal yang harus kita sadari dalam hidup ini adalah Tuhan itu hakim atas seluruh sikap dan perbuatan kita. Tidak satupun di antara makhluk yang dapat menghindari dari hukumanNya, karena itu setiap orang akan menghadap Allah dan mempertanggung-jawabkan hidupnya  dalam penghakiman.

Tuha itu Mahatahu; tidak ada yang tidak diketahuiNya, seluruh data dan informasi mengenai diri, rekam jejak, sikap dan perbuatan kita terekam secara lengkap dalam buku kehidupan. Bagi Allah tidak ada yang tersembunyi,  sehebat apapun manusia dapat menyembunyikan perbuatannya, rencananya bahkan maksud hati yang tersembunyi di bilik hati paling dalam semuanya diketahui oleh Allah. Dalam penghakimanNya semua orang akan mempertanggung-jawabkan hidupnya di hadapan Allah.

Hal kedua yang perlu kita sadari adalah bahwa penghakiman Tuhan bukanlah hanya berkaitan dengan eskhatologi. Namun penghakiman Tuhan itu berlaku kini. Tuhan menimbang dan membuat keputusan akan apa yang akan terjadi dalam hidup kita. Namun kita harus memahami bahwa penghukuman Allah bukanlah karma yang diyakini sebagai balasan atas kebaikan atau kejahatan. Jika seseorang jahat maka akan ditimpa kejahatan, dan jika baik akan memperoleh kebaikan. Sama sekali tidak. Apa yang terjadi dalam hidup kita bukanlah buah atau upah yang kita perbuat. Jadi jika hal buruk terjadi janganlah menghakimiNya Tuhan telah menghukumNya. Apa yang terjadi dalam hidup kita semuanya diketahui Allah. Allah dapat bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita baik dalammhal baik maupun dalam hal buruk.

Dengan menyadari penghakiman Allah, kita semakin menyadari bahwa tak ada satupun wilayah di jagad ini yang tidak dibawah pemerintahan Allah. Tidak ada batas ruang tertentu yang tidak disentuh oleh pemerintahan Allah; tetapi semua ruang dan waktu berada dalam pengaturan, pengawasan dan  pemerintahan Allah. Karena itu kita harus semakin takut akan Tuhan dalam hidup ini.

Sahabat yang baik hati, mazmur pagi ini mengingatkan kita akan penghukuman Allah; semua orang akan mengahadapinya. Mari kita sadari dan biarkan diri kita diperintah oleh kehendak Allah. Setiap ada keinginan daging dan keinginan jahat dalam diri kita kita harus menguasai diri dan melawan segala tindakan yang berlawanan dengan kehendakNya. Kita harus ingat dan sadari tidak ada yang tersembunyi dihadapanNya.

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...