Selasa, 31 Maret 2020

UNTUK PEKERJAAN BAIK

UNTUK PEKERJAAN BAIK

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Rabu, 01/04/2020

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Ephesians 2:10 (RWV)  For we are his workmanship, created in Christ Jesus to good works, which God hath before ordained that we should walk in them.

Secara singkat, renungan hari ini mau merenungkan satu pertanyaan: untuk apa kita diciptakan Tuhan dan untuk apa kita ditebus oleh Yesus Kristus? Jawabnya adalah Tuhan memakai kita menjadi alatnya untuk pekerjaan baik.

Tuhan adalah perancang ulung, mencipta segala sesuatu dengan maksud dan tujuan Allah. Cobalah baca narasi penciptaan dalam Kejadian 1-2:4, Allah menciptakan untuk menata baik adanya. Sebelumnya kacau balau, gelap dan kosong, namun setelah Allah berfirman menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya semuanya menjadi baik. Allah mencipta mengalahkan kekacauan, gelap dan kosong agar baik adanya.

Dalam narasi penciptaan manusia ada suatu keunikan! Pertama Allah menciptakan manusia segambar dengan rupa Allah, diberi mandat dan diberkati untuk beranak cucu dan menguasai bumi. Mandat ini adalah tugas manusia mengelola alam ciptaan agar dunia ini tetap baik adanya sebagaimana tujuan Allah mencipta. Inilah tugas universal umat manusia terhadap alam. Manusia memiliki tanggungjawab untuk tata kelola ciptaan dengan baik

Dosa telah membuat manusia jatuh, manusia yang diciptakan segambar dengan rupa Allah telah rusak oleh dosa.  Manusia yang memiliki kodrat ilahi dirusak oleh dosa hingga terasing dari kasih karunia Allah. Syukurlah kepada Tuhan di dalam Yesus Kristus manusia menjadi ciptaan baru. Manusia lama telah dibukurkan bersama Kristus dan kita dibangkitkan menjadi manusia baru melalui kebangkitanNya. Dengan penebusan Kristus kita menjadi manusia baru, yang diberi mandat untuk melakukan perbuatan dan pekerjaan baik.

Disini ada penggabungan makna penciptaan dan penebusan di dalam diri manusia. Melalui penciptaan dan penebusan Kristus memiliki makna yang sangat dekat. Tindakan Allah yang mencipta dan menjadikan kita menjadi manusia baru untuk melakukan pekerjaan baik di dunia ini. Melalui penciptaan dan penebusan Kristus manusia menerima mandat Allah untuk menyatakan mosaik Allah lewat karya dan perbuatan kita.  Pekerjaan baik adalah kesaksian orang percaya yang memberitakan kasih dan perbuatan Allah dalam hidupnya.

Sahabat yang baik hati, pekerjaan baik adalah tanggung jawab orang percaya yang telah menerima penebusan Kristus. Kristus telah memilihkan kita menjadi manusia yang segambar dengan rupa Allah. Sesungguhnya manusia lama telah terkubur dan kita telah menjadi ciptaan baru di dalam diri Yesus Kristus. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan bagi kita untuk menghasilkan pekerjaan baik yang mengharumkan nama Tuhan

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...