Senin, 02 Maret 2020

TONGKAT MUSA

TONGKAT MUSA:
Dari Padas Keluar Air Yang Segar

Selamat Pagi, sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 03/3/220

Bilangan 20:9 (TB)  Lalu Musa mengambil tongkat itu dari hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan-Nya kepadanya.

Numbers 20:9 (RWV)  And Moses took the rod from before the LORD, as he commanded him.

Musa adalah tokoh besar bagi bangsa Israel. Pemimpin yang dipakai Tuhan membawa Israel keluar dari perbudakan Mesir. Musa dipersiapkan Tuhan dengan unik, ibunya menyembunyikan Musa dan menghayutkan ke sungai Nil pemandian putri raja agar terhindari dari pembunuhan bayi Ibrani di segenap Mesir. Musa pun akhirnya diangkat putri raja Firaun menjadi anak angkat. Selama 40 tahun Musa dibimbing di Istana Firaun, kemudian 40 Tahun di padang Gurun dilatih oleh mertuanya dan 40 tahun membawa Israel keluar dari Mesir sampai ke perbatasan tanah Kanaan.

Dalam memimpin bangsa Israel Tuhan memperlengkapi Musa, pertama dengan memperkenalkan nama Tuhan kepada Musa dan Israel: Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Musa dibekali dengan mujizat dan tongkat Musa memiliki kekuatan untuk melakukan mujizat melebihi sihir-sihir orang Mesir.   Rencana Tuhan terhadap Musa sangat sempurna, sehingga Musa dapat membawa bangsa Israel keluar dari Mesir dan emmbentuk.mereka.menjadi umat Allah yang harus hlsetia memelihara hukum Taurat.

Bangsa Israel adalah bangsa yang sulit dipimpin, mereka tegar tengkuk dan berulangkali membuat Musa marah. Sebagaimana di dalam Renungan hari ini. Bangsa itusedang berjalan di Padang gurun, mereka tidak menemukan air untuk diminum. Dapat.kita bayangkan bagaimana murkanya seorang yang haus, demikianlah bangsa itu bersungut-sungut keras terhadap Musa.

Maka Musa pun berdoa kepada Tuhan apa yang hendak dilakukan mengatasi keadaan tak ada air ini? Mau menggali sumur tak mungkin karena hanya batu padas. Musa berdoa dan jawaban Tuhan pada Musa adalah agar mengambil tongkatnya dan memukul batu padas tersebut. Bilangan 20:8 (TB)  "Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya."
Musa pun melakukannya dan bangsa Israel dapat minum demikian dnegan ternak mereka.

Sahabat yang baik hati! Kita tentu sudah mengentahui lagu: KJ 407:2 "Di jalanku ku diiring"
Di jalanku yang berliku dihiburNya hatiku;
bila tiba pencobaan dikuatkan imanku.
Jika aku kehausan dan langkahku tak tetap,
dari cadas didepanku datang air yang sedap;
dari cadas didepanku datang air yang sedap.

Lagu ini mengenang kisah bangsa Israel yang memperoleh mujizat yang besar dari Tuhan. Pengalaman tak ada air, namun dari batu padas yang keras dan kering dapat menikmati air. Itulah hidup orang yang diiring oleh Tuhan. Perjuangan keras, garing dan sangat terbeban, percayalah pertolongan Tuhan nyata.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...